Cari cara mengatasi bibir kering?

Home » » Cari cara mengatasi bibir kering? Pakai pelembab bibir dari bahan alami ini, yuk

pengalaman Memutihkan Ketiak Dengan jeruk nipis

Tips 3 Menit Putihkan Ketiak dan Selangkangan

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Saturday, September 12, 2020

Suroso R.P: Radennya Rakyat Kecil

Raden Panji Soeroso lahir dalam 3 November 1893. Bocah asal Sidoarjo, Jawa Timur tersebut sudah giat berorganisasi waktu masih sekolah. Mula-mula ia menjadi anggota Budi Utomo, lalu bergabung dengan Serikat Islam malah berhasil menduduki posisi kepala SI cabang Probolinggo. Ia pernah mendirikan toko serba murah untuk membantu rakyat kecil memenuhi kebutuhan sehari-hari. Soeroso bekerja sebagai pegawai pemerintah selama dua tahun sesudah menamatkan Kweekschool pada tahun 1916.

Suroso R.P: Radennya Rakyat Kecil

Soeroso kerap memperjuangkan nasib buruh agar mendapat perlakuan yang layak dari majikan. Pernah pada tahun 1921, dipimpinnya aksi pemogokan buruh pabrik gula di Mojokerto. Sebagai anggota Volksraad yang dijabatnya sejak tahun 1924, ia menentang keras pelaksanaan pajak tanah di Sumatra Barat. Selain itu, saat ia diangkat sebagai Ketua Persatuan Vakbonden Pegawai Negeri pada 1929, melalui organisasi tersebut, Soeroso berjuang meningkatkan kesejahteraan pegawai negeri.

Pada masa pendudukan Jepang, Soeroso menjabat Ketua Pusat Tenaga Rakyat (Putera) daerah Malang. Kemudian dalam tahun 1945, ia sebagai Wakil Ketua Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Paska kemerdekaan Soeroso memulai kariernya menjadi Residen Kedu & berlanjut menduduki jabatan menteri beberapa kali. Yakni; Menteri Perburuhan, Menteri Urusan Pegawai, Menteri Sosial, jua Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik.

Soeroso dikenal memiliki gagasan-gagasan baru buat kepentingan masyarakat. Sebagai Menteri Sosial, beliau memperjuangkan supaya pegawai negeri dapat membeli tempat tinggal dinas menggunakan cara mencicil. Untuk mempertinggi kesejahteraan pegawai, beliau memelopori pendirian koperasi pegawai pada tiap-tiap tempat kerja mulai berdasarkan sentra sampai ke wilayah-wilayah. Gerakan koperasi ini terus berkembang & akhirnya berdiri Induk Koperasi Pegawai Negeri (IKPN). Pada waktu menjadi Menteri Perburuhan, beliau membangun Panitia Penyelesaian Perselisihan Pekerja (P4) yg bertugas merampungkan perselisihan antara buruh & majikan. Tak hanya itu, Soeroso juga mempunyai andil akbar pada menyusun Rencana Undang-Undang (RUD) Pokok tentang Pemerintahan Daerah dan Rencana Pemerintahan Desa. Usaha ini dilakukannya tatkala menjabat menjadi Ketua Panitia Desentralisasi dan Otonomi Daerah dalam tahun 1962.

Sumber: Ensiklopedi Pahlawan Nasional

Andres Bonifacio, pemimpin Revolusi Filipina

Andres Bonifacio merupakan tokoh nasionalis dari Filipina. Dia dikenal menjadi pemimpin Revolusi Filipina yaitu upaya perlawanan warga Filipina untuk memerdekakan diri dari pemerintahan kolonial Spanyol. Andres Bonifacio lahir dalam 30 November 1863 pada Tondo, sebuah wilayah yang berada pada pinggiran kota Manila. Masa muda Bonifacio cukup berat karena pada usia yg masih sangat muda beliau telah ditinggal oleh ke 2 orang tuanya yang wafat lantaran penyakit. Akhirnya Bonifacio menggantikan peran orang tuanya menjadi tulang punggung famili buat menghidupi saudara-saudaranya. Bonifacio bekerja pada beberapa perusahaan dagang asing.

Karena nir sempat melanjutkan pendidikannya maka Bonifacio menimba ilmu secara belajar sendiri dimana beliau pula tertarik menggunakan sejarah Revolusi Prancis. Pada tahun 1892, Bonifacio bergabung dengan Liga Filipina yang merupakan grup nasionalis Filipina yg didirikan oleh seseorang tokoh nasionalis bernama Jose Rizal yg bertujuan untuk mewujudkan reformasi pemerintahan Spanyol pada Filipina. Karena aktifitas Liga Filipina meresahkan pemerintah Spanyol maka Spanyol menangkap pemimpin Liga Filipina yaitu Jose Rizal & mengasingkannya ke Mindanao.

Setelah ditangkapnya Jose Rizal, Andres Bonifacio mendirikan kelompok Kataastaasang Kagalannalangang Katipunan ng mga Anak ng Bayan atau yang lebih dikenal menggunakan Katipunan. Bonifacio beserta Katipunan berjuang buat membebaskan Filipina berdasarkan penjajahan Spanyol menggunakan melakukan perlawanan bersenjata. Kelompok Katipunan semakin terkenal pada mata rakyat Filipina dan Katipunan poly menerima anggota baru.

Pada tahun 1895 Bonifacio menjadi supremo atau pemimpin tertinggi Katipunan. Anggota Katipunan yg semula 3000 orang bertambah sebagai 30000 orang pada tahun 1896 yg mayoritas anggotanya dari menurut rakyat menengah kebawah. Tahun 1896 Bonifacio menyatakan dimulainya gerakan perlawanan terhadap kekuasaan Spanyol dan gerakan perlawanan mulai menyebar ke semua penjuru Filipina.

Pada 23 Agustus 1896 Bonifacio mendeklarasikan dirinya sebagai presiden dan panglima pemerintahan revolusioner Filipina. Dia memerintahkan seluruh revolusioner di penjuru di Filipina untuk mengadakan perlawanan bersenjata terhadap pemerintah kolonial Spanyol. Pada 30 Agustus 1896 Bonifacio memimpin langsung 8000 prajuritnya pada Pertempuran San Juan del Monte yg merupakan pertempuran pertama antara revolusioner Filipina melawan prajurit Spanyol.

Bonifacio menargetkan buat merebut ibukota Manila dan pasukannya berhasil menduduki beberapa daerah pada sekitar Manila. Namun pasukan Spanyol dapat merebut kembali daerah yang ditaklukan sang Katipunan dan sampai bulan Desember 1896 Bonifacio dan pasukannya terus mengalami kekalahan menurut pasukan Spanyol.

Sementara itu faksi revolusioner yang dipimpin oleh Emilio Aguinaldo sukses meraih banyak kemenangan dari pasukan Spanyol. Karena menganggap faksinya lebih sukses menurut faksi Bonifacio maka Aguinaldo mendirikan pemerintahan tandingan buat menyaingi Bonifacio dan pada 22 Maret 1897 lewat pemilu yang diselenggarakan sang faksi Aguinaldo, dia terpilih menjadi pemimpin revolusioner yg baru. Aguinaldo langsung menerima kepopuleran pada mata para revolusioner Filipina.

Bonifacio lantas menolak hasil pemilu dan tidak menganggap pemerintahan Aguinaldo menjadi pemerintahan yg absah & akhirnya Aguinaldo mengirim pasukannya buat menangkap Bonifacio. Bonifacio berhasil ditangkap dan dijatuhi sanksi tewas dalam 8 Mei 1897. Dua hari lalu Bonifacio menemui ajalnya waktu ditembak mangkat sang regu tembak di Gunung Nagpatong. Bonifacio dianggap menjadi pemimpin pertama revolusi Filipina & galat satu tokoh penting dalam usaha kemerdekaan Filipina. Sebagai penghormatan atas jasanya setiap tanggal 30 November yg adalah lepas kelahirannya dijadikan hari libur nasional di Filipina.

Sumber: OA Historypedia Line

-Wellesley/Wellington

Soeharto: Petrus adalah Tanggung Jawab Saya

Pada tahun 1983 rezim Orde Baru menerapkan kebijakan yg ditakuti para penjahat bahkan partikelir: tembak mangkat . Mereka mampu mati kapan saja oleh penembak misterius sebagai akibatnya dianggap petrus.

Selama beroperasi, petrus sudah menghabisi ribuan korban jiwa. Komisi buat Orang Hilang & Tindak Kekerasan (Kontras) mendata zenit tertinggi korban petrus terjadi pada 1983 menggunakan 781 orang mangkat .

Kebijakan petrus ini atas restu Presiden Soeharto. Dalam otobiografinya, Pikiran, Ucapan & Tindakan Saya, Soeharto beralasan bahwa petrus menjadi usaha mencegah kejahatan seefektif mungkin dengan asa mengakibatkan efek jera.

?Dengan sendirinya kita harus mengadakan treatment, tindakan yg tegas. Tindakan tegas bagaimana? Ya, harus menggunakan kekerasan. Tetapi kekerasan itu bukan lantas dengan tembakan, dor! Dor! Begitu saja. Bukan! Tetapi yang melawan, ya, mau nir mau wajib ditembak. Lantaran melawan, maka mereka ditembak,? Istilah Soeharto.

Dalam kenyataannya, sebagaimana diberitakan media massa, bertato saja telah cukup bagi mereka yang dianggap penjahat dihabisi sang petrus. Di aneka macam kota mayat-mayat tertembak peluru pada dada atau ketua dalam keadaan tangan terikat atau dimasukan ke pada karung, digeletakkan begitu saja di emperan toko, bantaran kali, & pada semak-semak.

?Lalu mayatnya ditinggalkan begitu saja,? Istilah Soeharto. ?Itu buat shock therapy, terapi goncangan. Supaya orang poly mengerti bahwa terhadap perbuatan dursila masih ada yg bisa bertindak dan mengatasinya.?

Para petinggi militer pun mengamini sang presiden. Mayjen Tentara Nasional Indonesia Yoga Sugomo, ketua Bakin (Badan Koordinasi Intelijen Negara), menyatakan tak perlu mempersoalkan para penjahat yg meninggal secara misterius. Yoga menilai pembunuhan terhadap preman ?Adalah kepentingan yang lebih besar daripada mempersoalkan penjahat yg tewas misterius, & dilema-duduk perkara asas yg dipermasalahkan.?

Jenderal Tentara Nasional Indonesia Benny Moerdani, panglima ABRI merangkap Pangkopkamtib (Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban), yg diklaim-sebut menjadi galat satu perancang operasi petrus, mengungkapkan kalau peristiwa itu dipicu oleh perang antargeng. Dia berdalih pembunuhan-pembunuhan itu tidak melibatkan tangan ABRI.

Petrus mengakibatkan protes menurut para tokoh, galat satunya Adam Malik, mantan wakil presiden (1978-1983). Dia tak sepakat dengan aksi petrus. ?Jangan mentang-mentang penjahat kerah dekil langsung ditembak, apabila perlu diadili hari ini pribadi besoknya dieksekusi mati. Setiap usaha yang bertentangan menggunakan aturan akan membawa negara ini dalam kehancuran,? Istilah Adam Malik.

Pengganti Adam Malik, Jenderal (Purn.) Tentara Nasional Indonesia Umar Wirahadikusumah pula menanyakan eksklusif kepada Soeharto mengenai petrus. ?Apakah nir ada alternatif yg nir usah menggunakan tindakan-tindakan drastis itu?? Tanya Umar pada Di Antara Para Sahabat: Pak Harto 70 Tahun.

Soeharto menjawab bahwa alasan petrus lantaran masyarakat mini sudah dipersulit oleh sekelompok manusia jahat pada beberapa daerah; mereka dirampok, diperkosa, dan lain-lain. Sementara polisi dan aparat keamanan lainnya boleh dikatakan tidak berdaya, sebagai akibatnya suatu shock treatment perlu diambil buat menghilangkan atau paling nir mengurangi kejahatan.

?Ya, nanti biar aku yang bertanggung jawab pada Tuhan,? Kata Soeharto. Petrus dihentikan dalam 1985 selesainya ada tekanan dari dunia internasional.

Asal: OA Line Indonesia Tempo Dulu

Bourbon

Friday, September 11, 2020

Masa Kemunduran Kerajaan Aceh

Kemunduran kerajaan Aceh diawali masa waktu sepeninggal Sultan Iskandar Muda pada tahun 1636, sepeninggal Sultan Iskandar Muda tampuk keuasaan digantikan sang menantunya, yaitu Sultan Iskandar Tsani yang kemudian memerintah selama 5 tahun pada kurun 1636-1641. Sultan Iskandar Tsani mempunyai sikap yg tidak sama dengan Sultan Iskandar Muda dalam menanggapi kaum Kolonialis atau bangsa asing. Sultan Iskandar Tsani bersikap sangat terbuka & kompromistis terhadap kaum Kolonialis atau bangsa asing, baik terhadap Belanda, Inggris ataupun Portugis.

Semenjak Aceh dipimpin oleh Sultan Iskandar Tsani, indikasi-indikasi kemunduran mulai tampak. Hal ini tidak lepas dari adanya impak campur tangan bangsa asing yg mendapat kesempatan dari sultan secara longgar dalam urusan perdagangan & politik dengan pemerintahan Aceh. Kemunduran Aceh ini semakin terlihat selesainya Sultan Iskandar Tsani wafat yang lalu digantikan isterinya yaitu Sultanah Tajul Alam Syaituddin Syah, yg memerintah pada tahun 1641-1675. Dalam pemerintahan yang relatif usang selama kurang lebih 34 tahun kekuasaan Aceh sebagai sangat lemah dimata wilayah bawahannya. Wilayah Aceh yang meliputi wilayah-daerah tidak bisa lagi dikuasai sang Sultanah sehingga Nampak seolah-olah tidak terdapat lagi kekuatan buat mempertahankannya. Hingga dalam akhirnya poly daerah bawahan yg melepaskan diri menurut kekuasaan Aceh.

Masalah yg lain pun mulai bermunculan. Seperti halnya pada kasus ekonomi yg semakin terpuruk dampak ulah pedagang-pedagang asing yg semakin berkuasa & sudah mulai menerapkan politik adu dombanya. Sementara situasi pada negeri sudah nampak nir sehat karena para kapitalis semakin meraja lela pada penguasaan di bidang materi tanpa ambil peduli suasana perekonomian kerajaan yg sedang dilanda resesi berat.

Terpaksa Sultanah mengambil tindakan menjalin kolaborasi menggunakan Belanda. Langkah ini dilakukan semata-mata buat mempertahankan Aceh berdasarkan gilasan & serbuan kaum Kolonialis Portugis sebagaimana yg terjadi di Malaka. Tanpa diperhitungkan terlebih dahulu bahwa niat buat memonopoli sudah bersarang di hati Belanda semenjak mereka menginjakkan kakinya pada bumi Nusantara ini, maka perilaku Sultanah tadi dijadikan suatu momentum buat lebih menancapkan cengkeraman kuku imperialisme Belanda yg dimulai pada Aceh. Hal ini terbukti menggunakan aneka macam fasilitas dan kesempatan yang diberikan secara leluasa kepada mereka. Maka akhirnya Belanda mendirikan kantor dagang mereka pada Padang & Salida.

Walaupun tindakan Belanda itu akhirnya diperingatkan oleh Sultanah, namun rupanya mereka sudah tidak menghiraukan peringatan tersebut. Sultanah Tajul Alam Syaiatuddin Syah wafat tahun 1675 dan digantikan oleh sultan wanita Nurul Alam Nakiatuddin (tak jelas asal usulnya) yang memerintah mulai tahun 1675-1678. Kehadirannya Sultanah belum bisa mengentaskan kerajaan Aceh dari berbagai kemelut dan permasalahan internal maupun eksternal yang ada. Begitu pula ketika digantikan oleh puterinya Raja Sertia, Aceh tetap dirundung kemelut yang berkepanjangan. Baru setelah ulamaulama dan tokoh masyarakat Aceh melancarkan perlawanan terhadap kompeni pada tahun 1873-1904, seperti Habib Abdurrahman, Teuku Umar dan ïsterinya, Cik Di Tiro. Panglima Polim dan lain-lain, kerajaan Aceh mulai naik lagi kharismanya.

Dari konflik yang terjadi setelah kematian dari Sultan Iskandar Muda bisa disimpulkan bahwa terdapat dua faktor krusial yang mengakibatkan kemunduran kerajaan Aceh Darussalam: kedua faktor tersebut merupakan faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern, yang pertama diakibatkan sang lemahnya sultan-sultan pengganti Sultan Iskandar Muda pada mengendalikan jalannya pemerintahan, yang berimbas lepasnya wilayah-daerah yang berada pada bawah pengaruh Aceh & berusaha berdiri sendiri-sendin sehingga lebih memudahkan pihak luar buat memecah belah persatuan. Kedua, banyaknya kaum kapitalis dalam negeri yg tidak pedulikan lagi kesulitankesulitan yg dialami sang kerajaan terutama di bidang ekonomi akibat dan sistem perekonomian yg diterapkan kaum kolonial. Kenyataan ini lalu menyeret Aceh mengambil sikap kompromi menggunakan Kompeni.

Faktor ekstern, adanya campur tangan dari pihak Asing ; baik secara langsung atau tidak langsung. hal ini berawal dari kegagalan kerajaan Aceh menyerang Portugis yang berkedudukan di Malaka pada masa akhir pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Sebagai akibatnya para penerus Sultan Iskandar Muda terpaksa memberi kelonggaran kepada Belanda untuk berdagang di wilayah Aceh karena telah membantunya dalam penerangan Malaka. Campur tangan ini akhirnya berlanjut terus menerus tanpa bisa ditolaknya oleh pewaris-pewaris tahta berikutnya.

Bourbon

Sejarah Masjid Demak

Masjid Agung Demak termasuk keliru satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini memiliki nilai sejarah yg sangat krusial pada peranan penyebaran Islam pada tanah air, masjid ini dibangun tepatnya dalam masa Kesultanan Demak Bintoro. Masjid ini dahulunya digunakan sebagai tempat berkumpulnya para wali syiar kepercayaan Islam, yang lebih dikenal dengan sebutan Walisongo (Wali Sembilan). Para wali ini acapkali berkumpul di Masjid Agung buat beribadah, berdiskusi tentang penyebaran kepercayaan Islam, dan mengajarkan ilmu-ilmu Islam pada penduduk lebih kurang. Maka menurut itu, masjid ini sanggup dipercaya sebagai saksi bisu penyebaran Islam di Indonesia dan bukti keliru satu kemegahan Kesultanan Demak Bintoro.

Letak Masjid Agung Demak merupakan di tengah kota dan menghadap ke alun-alun yang luas. Secara umum, pembangunan kota-kota pada Pulau Jawa banyak kemiripannya, yaitu suatu bentuk satu-kesatuan antara bangunan masjid, keraton, & alun-alun yang berada di tengahnya. Pembangunan model ini diawali oleh Dinasti Demak Bintoro.

Menurut legenda, pendirian masjid ini hanya dilakukan secara bersama-sama dalam tempo satu malam. Dalam cerita Babad Demak menunjukkan bahwa masjid ini didirikan pada tahun Saka 1399 (1477) yang ditandai oleh candrasengkala “Lawang Trus Gunaningjanmi”, sedang adanya gambar bulus yang berada di mihrab masjid ini terdapat lambang tahun Saka 1401 yang menunjukkan bahwa masjid ini berdiri tahun 1479. Luas bangunan yang terbuat dari kayu jati ini memiliki ukuran 31 m x 31 m dengan bagian serambi berukuran 31 m x 15 m. Atap tengahnya ditopang menggunakan empat buah tiang kayu raksasa (saka guru), yang dibuat oleh empat wali di antara Wali Songo. Saka sebelah tenggara adalah buatan Sunan Ampel, sebelah barat daya buatan Sunan Gunung Jati, sebelah barat laut buatan Sunan Bonang, sedang sebelah timur laut yang tidak terbuat dari satu buah kayu utuh melainkan disusun dari beberapa potong balok yang diikat menjadi satu (saka tatal), merupakan sumbangan dari Sunan Kalijaga. Serambinya dengan delapan buah tiang boyongan merupakan bangunan tambahan pada zaman Adipati Yunus atau yang lebih dikenal sebagai Pati Unus atau pangeran Sabrang Lor, sultan Demak ke-2 pada tahun 1520.

Dalam proses pembangunannya, Sunan Kalijaga memegang peranan yang amat penting. Wali inilah yang berjasa membetulkan arah kiblat. Menurut riwayat, Sunan Kalijaga pula memperoleh wasiat antakusuma, yaitu sebuah bungkusan yg syahdan berisi baju ?Hadiah? Menurut Nabi Muhammad SAW, yang jatuh menurut langit di hadapan para wali yg sedang bermusyawarah di pada masjid itu.

Para wali tak jarang berkumpul pada masjid ini buat beribadah, berdiskusi mengenai penyebaran kepercayaan Islam, & jua mengajarkan ilmu-ilmu Islam pada penduduk sekitar. Oleh karenanya, masjid ini sebagai loka bersejarah tentang penyebaran ajaran islam pada indonesia dan bukti kemegahan Kesultanan Demak Bintara yang masih ada hingga sekarang ini dan sebagai loka penyebaran islam pertama di Jawa, & sebagai tempat para Wali berkumpul. Masjid Agung Demak mempunyai tiga termin pada pembangunannya.

Tahap pembangunan yang pertama adalah pada tahun 1466. Para wali tersebut jua memiliki peranan penting dalam masa kerajaan Demak & jua menjadi penasehat dari Raja Demak. Yang mengakibatkan hubungan yang terjalin erat antara raja dan bangsawan, jua ulama menggunakan masyarakat. Terjadinya interaksi yg erat tadi lantaran seringkali diadakannya pembinaan di Masjid maupun pada pondok pesantren sebagai akibatnya terciptalah kebersamaan atau Ukhuwah islamiah ( persaudaraan yang terjalin diantara orang-orang islam ).

Ketika itu masjid Demak masih berupa bangunan Pondok Pesantren Glagahwangi yang berada di bawah asuhan Sunan Ampel. Pada tahun 1477, masjid Demak dibangun kembali  sebagai masjid Kadipaten Glagahwangi Demak. Pada tahun 1478, pada saat Raden Patah diangkat sebagai Sultan I Demak, masjid ini kembali direnovasi lagi dengan penambahan tiga trap. Raden Fatah bersama para Walisongo memimpin proses pembangunan masjid ini dengan dibantu masyarakat yang berada disekitarnya.

Para wali saling membagi tugas masing-masing. Secara generik, para wali menciptakan soko guru yg menjadi tiang penyangga utama berdasarkan masjid tadi. Tetapi, jua terdapat empat wali yg secara khusus memimpin pembuatan soko pengajar lainya, yaitu: Sunan Bonang memimpin pembuatan soko guru yang berada pada bagian barat bahari; Sunan Kalijaga membuat soko guru yg berada pada bagian timur bahari; Sunan Ampel membuat soko pengajar yang berada di bagian tenggara; dan Sunan Gunung jati menciptakan soko pengajar yg berada pada sebelah barat daya.

Bangunan masjid juga ditopang dengan dengan jumlah 128 soko, empat di antaranya merupakan soko guru yang berperan menjadi penyangga utamanya masjid. Tiang penyangga bangunan masjid berjumlah 50 buah, tiang penyangga serambi berjumlah 28 buah, dan tiang kelilingnya berjumlah 16 buah. Mesjid ini jua mempunyai lima butir pintu yg saling menghubungkan, yang pula mempunyai makna rukun islam, yaitu shahadat,zakat,shalat,puasa, dan haji. Juga 6 buah jendela yang mempunyai makna rukun iman, yaitu percaya pada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, kitab -kitabNya, hari kiamat, & qadha-qadar-Nya.Masjid ini memiliki keistimewaan berupa arsitektur khas ala Nusantara. Masjid ini memakai atap limas bersusun 3 yang berbentuk segitiga sama kaki.

Atap limas ini tidak selaras dengan umumnya atap masjid di Timur Tengah yg lebih terbiasa dengan bentuk kubah. Ternyata model atap limas bersusun tiga ini mempunyai makna, yaitu bahwa seseorang beriman perlu menapaki tiga tingkatan penting dalam keberagamaannya: iman, Islam, & ihsan. Di samping itu, masjid ini mempunyai lima buah pintu yang menghubungkan satu bagian menggunakan bagian lain, yang memiliki makna rukun Islam, yaitu syahadat, shalat, puasa, zakat, & haji. Masjid ini memiliki enam butir jendela, yang jua mempunyai makna rukun iman, yaitu percaya pada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, buku-kitabNya, hari kiamat, dan qadha-qadar-Nya.

Bentuk bangunan masjid banyak memakai bahan berdasarkan kayu. Dengan bahan ini, pembuatan bentuk bundar menggunakan lengkung-lengkungan akan lebih gampang. Interior bagian pada masjid juga menggunakan bahan berdasarkan kayu dengan ukir-goresan yg begitu latif. Dan ada satu keistimewahan satu butir tiang yang tidak terbuat menurut satu butir kayu utuh melainkan disusun berdasarkan beberapa potong balok yang diikat menjadi satu (saka tatal). Bentuk bangunan masjid yang unik tersebut ternyata hasil kreatiitas warga dalam saat itu.

Di samping banyak mengadopsi perkembangan arsitektur lokal ketika itu, kondisi alam yang mendukung ketersediaan kayu pula menghipnotis proses pembangunan masjid. Arsitektur bangunan lokal yang berkembang pada ketika itu, seperti joglo, memaksimalkan bentuk limas menggunakan ragam variasinya.

Mesjid Agung Demak juga menjadi lambang kekuasaan yg bercorak islam merupakan suatu sisi yang nir sanggup dipisahkan menurut Kesultanan Demak Bintara. Bangunan ini pula dijadikan keliru satu markas para Wali buat mengadakan Sekaten. Pada ketika upacara sekaten dimulai, dibunyikanlah gamelan & rebana di depan serambi masjid, sebagai akibatnya rakyat berbondong ? Bondong mendatangi & memenuhi tempat diadakannya program sekaten tersebut. Lalu para wali mengadakan semacam pengajian akbar, sehingga masyarakatpun dituntun buat mengucapkan dua kalimat syahadat.

Alasan begitu cepatnya perkembangan Demak yg sebagai sentra perniagaan, dan pusat penyebaran islam, tidak terlepas dari berdirinya masjid Agung Demak. Jadi dari sinilah seluruh raja berdasarkan Kesultanan Demak & para Walisongo memulai ekspansi wilayah kekuasaan yg dibarengi sang aktivitas dakwah islam ke seluruh Jawa.

Wali Songo diantaranya: Sunan Bonang, Sunan Derajat adalah putra Sunan Ampel yg sebelumnya telah bertempat tinggal di kampung Ampel Denta (Surabaya), sunan Kalijaga yang diklaim pula Jaka Sayid merupakan putra seseorang tumenggung Majapahit, Sunan Giri merupakan output perkawainan antara seseorang putri Blambangan menggunakan seorang Muslim. Sunan Gunung Jati putra Rara Santang atau Syarifah Modai?Im, putri Prabu Siliwangi. Sunan Rahmat yang pada babad dikatakan tiba berdasarkan Campa, dia adalah saudara sepepu permaisuri Brawijaya.

Di Jawa berdasarkan cerita tradisional & babad-babad, yg menerima gelar wali dipercaya menjadi pembawa dan penyebar Islam di wilayah-wilayah pesisir. Tidaklah seluruh wali yg tergolong Wali sanga atau wali sembilan berasal berdasarkan negeri luar. Bahkan sebagian besar menurut wali sanga dari cerita dalam babad-babad dari berdasarkan Jawa sendiri.

Bourbon

Sebuah Kajian Tentang Kemunduran dan Keruntuhan Kekhilafahan Utsmaniyah

Kemunduran yang dialami oleh Kekhalifahan Utsmaniyah pada sepanjang abad ke-19 hingga pada berdirinya Republik Turki pada awalan abad ke-20 pada tahun 1924. Perjalanan ini diwarnai sang intrik dinasti, ketelatan dalam memodernisasi birokrasi & industri, perang pada setiap daerah perbatasan daerah kekuasaan, & pemberontakan yg terjadi pada wilayah jajahannya misalnya pada Yunani yang terjadi di antara tahun 1821 sampai 1830.

Merupakan sebuah keharusan bagi penulis buat merangkai artikel ini menggunakan niatan menghadirkan bahan pertimbangan dan argumentasi kepada para pembaca tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi seputar kemerosotan perlahan yang terjadi pada Kekhilafahan Utsmaniyah. Hal ini penulis lakukan untuk menaruh anti-tesis terhadap liputan-informasi yang banyak didistribusikan dalam ketika peringatan pembubaran Khilafah Utsmaniyah yg terjadi setiap tanggal 3 dalam bulan Maret.

Informasi-informasi yang tersebar menyediakan narasi yang bias dengan penjabaran yang condong menghadirkan pembahasan adanya sebuah konspirasi besar terhadap Kekhilafahan Utsmaniyah dan menyalahkan kemunduran tersebut secara keseluruhan kepada kekuatan-kekuatan Barat, Gerakan Turki Muda, gerakan-gerakan nasionalis, dan Mustafa Kemal Atatürk sebagai penyebab utama; terkadang sebagai penyebab satu-satunya yang berkontribusi  terhadap keruntuhan Kekhilafahan Utsmaniyah. Hal ini meninggalkan sedikit ruang untuk penalaran dan pendalaman multi-dimensional untuk mencari dan mempertimbangkan penyebab yang berkontribusi terhadap keruntuhan Kekhilafahan Utsmaniyah yang berasal dari dalam Kekhilafahan itu sendiri. Atas dasar ini, penulis didorong untuk menghadirkan artikel ini.

Ketika diadakan kajian dan pendalaman mengenai 124 tahun terakhir kekuasaan Khilafah Utsmaniyah, wajib dipertimbangkan bahwa Kekhilafahan ini menghadapi aneka macam permasalahan yang datang dari internal Khilafah maupun eksternal, misalnya: ketidakmampuan Negara Utsmaniyah buat melakukan reformasi birokrasi & modernisasi buat menyamai kecepatan langkah perkembangan teknologi dan politik saingannya pada Eropa, perang yg terjadi secara monoton selama tujuh atau delapan abad?Jika menghitung jarak di antara Perang Krimea & Perang Rusia-Turki yg terjadi dalam tahun 1877 hingga 1878, pemberontakan yg terjadi lantaran ketidakpuasaan terhadap kemunduran birokrasi dan ekonomi misalnya yang dikobarkan oleh Mesir pada bawah gubernur Muhammad Ali; atau lantaran disparitas mazhab kepercayaan seperti yang dikobarkan oleh Abdullah bin Saud & Muhammad bin Abdul Wahab dalam Perang Wahabi yang terjadi dalam tahun 1811 hingga 1818, kebangkitan nasionalisme di daerah-daerah jajahan-jajahannya seperti pada daerah Balkan & Levant, dan tuntutan reformasi pada bentuk konstitusi serta republikanisme oleh kalangan kaum belia yg berkeinginan buat memperkuat Negara Utsmaniyah dan menghentikan kemacetan yang terjadi.

Perjalanan berdasarkan kemunduran Kekhilafahan Utsmaniyah awalnya adalah bangkitnya pencerahan bangsa Arab di Mesir & Suriah akan kondisi mereka yang bodoh dibanding negara-negara Eropa pada bidang sosial dan saintek. Kesadaran ini muncul waktu pasukan Perancis yg dipimpin oleh Napoleon Bonaparte menyerbu Mesir pada yahun 1798 & mengikutsertakan sebuah Misi Kebudayaan buat mengembangkan semangat Revolusi Perancis. Nilai-nilai kemanusiaan dan ide-pandangan baru pencerahan yang dibawa sang Napoleon disambut menggunakan pertentangan dari masyarakat dan cendekiawan Mesir karena tidak sinkron dengan ajaran Islam, meski demikian, para cendekiawan muslim misalnya Abdurrahman al-Jabarti dan Al-Thahthawi menyadari urgensi dunia Islam & bangsa Arab buat mengejar tingkat saintek & perkembangan ilmu sosial yg dicapai sang bangsa Eropa supaya tetap sanggup bersaing.

Setelah pasukan Perancis berhasil dikalahkan sang pasukan Utsmaniyah menggunakan donasi Inggris, Mesir dipimpin oleh gubernur yg dipilih secara populer oleh masyarakat Mesir, yaitu seorang pria asal Albania yang bernama Muhammad Ali. Mesir ketika itu meski adalah jajahan Utsmaniyah, adalah wilayah Arab pertama yg berada pada bawah jajahan Utsmaniyah yg memodernisasi & berhasil dalam melaksanakan hal tersebut. Pencerahan iptek yg dibawa sang Misi Kebudayaan Perancis menghilangkan agama diri bangsa Arab & masyarakat pada bawah kekuasaan Utsmaniyah yang selama ini menggangap bahwa diri mereka adalah peradaban paling maju pada bumi. Hilangnya kepercayaan diri ini mendorong Muhammad Ali buat mengirim pelajar ke negara-negara Eropa buat mempelajari teknologi, ilmu pengetahuan, strategi militer, & secara tidak sengaja pula membawa ilham-inspirasi sosial-politik yg nantinya akan memulai 'Al-Nahda' atau renaisans kebudayaan yg terjadi di daerah jajahan Utsmaniyah di Suriah, Mesir, & dunia Arab.

Antara 1813 sampai 1849, Muhammad Ali mengirimkan mahasiswa ke negara-negara Eropa dan menghabiskan biaya sebesar ?E 273.360. Para mahasiswa memelajari secara khusus: taktik militer, teknik mesin, kedokteran, farmasi, kesenian, dan kerajinan; para cendekiawan seperti Al-Thahthawi meneliti tanda-tanda sosial yang sedang melanda negara-negara Eropa yg dalam waktu itu sedang mengalami perubahan kekuasaan berdasarkan absolutisme raja-raja sebagai monarki konstitusional dan republikanisme. Al-Thahthawi menerjemahkan Konstitusi Perancis 1814 sebesar 74 pasal dan menuliskan jurnal yg memihak pada pengikutsertaan bunyi masyarakat yg diatur oleh konstitusi dan hukum pada urusan pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan negara. Para mahasiswa membawa pulang berdasarkan negara-negara Eropa buku-kitab berbahasa asing, & Muhammad Ali mendirikan sebuah biro penerjemahan buat menerjemahkan dan mempermudah sosialisasi ilmu-ilmu baru ini pada masyarakat Mesir. Tindakan-tindakan ini membuka balik pintu ijtihad, yang nantinya akan menginspirasi Tanzimat.

'Al-Nahda' yang menjalar ke global cendekiawan dan akademisi Arab ini nir diterima dengan baik oleh kaum penguasa Utsmaniyah yang nir menggangap latif prospek ijtihad. Hal ini menghambat laju modernisasi & restrukturisasi birokrasi Negara Utsmaniyah sehingga mampu dibilang tertinggal oleh Mesir. Bangsa Arab sudah mencicipi bumbu-bumbu konstitusionalisme, aturan yang terkodifikasi & egaliter, birokrasi yang tersusun, & semangat kemanusiaan serta sikap menghargai seluruh bangsa tanpa diskriminasi, tentunya mereka tidak akan terus membuktikan sikap jinak mereka terhadap Konstantinopel dan perlahan menuntut konsesi yang adil di bawah kekuasaan Utsmaniyah, hal ini akan mencapai puncaknya saat Pemberontakan Arab Besar diproklamasikan sang Wangsa Hasyimiyah di Hijaz dalam tahun 1916.

Abad ke-19 bukanlah abad yg ringan bagi Kekhilafahan Utsmaniyah, propagasi wangsit-pandangan baru baru seperti nasionalisme dan pelaksanaan kepercayaan yang puritan mengancam integritas daerah Utsmaniyah. Dimulai berdasarkan abad ke-18, daerah jajahan Utsmaniyah di Arab & Afrika Utara diberi swatantra lebih berdasarkan masa-masa sebelumnya, hal ini dimaksudkan buat menambah efisiensi birokrasi, pemungutan pajak, & perekrutan tentara. Tetapi para penguasa Arab lokal belum siap secara mental buat diberikan otonomi, hal ini mengakibatkan ketidakstabilan politik & kebobrokan ekonomi misalnya di Mesir. Perseteruan ini nantinya akan sebagai bibit kemerosotan impak dan wilayah Utsmaniyah di Timur Tengah dan Afrika Utara ketika pemerintah pusat Utsmaniyah yg diberi nama 'Porte Agung' tidak bisa mengatasi kasus ini. Permasalahan ini diperparah dengan skema-skema politik yang ambigu mengenai kebijakan geopolitik wilayah vasal mereka pada Timur Tengah.

Pada tahun 1821 kaum revolusioner Yunani memberontak terhadap kekuasaan Utsmaniyah, Porte menjanjikan kepada penguasa Mesir, gubernur Muhammad Ali wilayah kekuasaan di Suriah jika bersedia membantu upaya perang Utsmaniyah di Yunani. Meski memperoleh hasil yang memuaskan di awal-awal perang, intervensi Inggris dan Perancis atas desakan dari rakyat mereka yang–merasa miris dengan kekejaman koalisi Utsmaniyah-Mesir– berhasil mengalahkan  pasukan Utsmaniyah dan menghancurkan angkatan laut Mesir. Ketika perang berakhir, Muhammad Ali menuntut kembali janji yang diberikan oleh Sultan Mahmud II untuk memberi wilayah Suriah. Sultan Mahmud II menolak permintaan sang gubernur dan membawa negara beliau ke dalam api peperangan kembali. Dalam keadaan marah dan kecewa, Muhammad Ali mengutus anaknya; Ibrahim Pasya untuk memimpin 30.000 pasukan dengan persenjataan modern untuk menyerang Utsmaniyah, peperangan ini merupakan keberhasilan besar bagi pasukan Mesir. Sultan Mahmud II menyerah kepada tuntutan Muhammad Ali ketika beliau mendengar bahwa pasukan Mesir sudah mencapai Kota Konya.

Keberhasilan Mesir pada Perang Mesir-Utsmaniyah 1831-1833 tidak memuaskan ambisi Muhammad Ali. Beliau memimpikan sebuah Kerajaan Mesir merdeka yang merembet dari Sudan ke Suriah beserta penguasaan penuh atas wilayah Hijaz yang merupakan tempat dua kota suci; Makkah dan Madinah.  Dalam rangka memenuhi ambisi beliau, Muhammad Ali kembali mengobarkan perang melawan Sultan, namun kali ini Inggris yang khawatir akan runtuhnya Kekhilafahan Utsmaniyah dan menyaksikan hadirnya kekuatan modern yang baru yaitu Mesir yang dekat dengan saingannya yaitu Perancis, membantu Kekhilafahan Utsmaniyah dan dengan koalisi ini, Muhammad Ali berhasil dikalahkan. Dalam Konvensi London yang diadakan pada tahun 1840, Muhammad Ali diberikan kuasa penuh atas Mesir dan Sudan serta diberikan hak untuk mendirikan dinasti yang diberi hak khusus untuk memerintah Mesir yang semi-merdeka mewakili Porte.

Perang Mesir-Utsmaniyah Kedua yg berkobar pada tahun 1839-1841 sangat melemahkan pemerintahan & wibawa Kekhilafahan Utsmaniyah. Kekuatan-kekuatan pada Eropa menaruh penamaan "Sick Man of Europedanquot; menggunakan melihat kondisi miris yang dihadapi sang pemerintahan Utsmaniyah. Menghadapi pertarungan ini, pemerintahan Utsmaniyah di bawah Sultan Abdulmejid I memulai Tanzimat atau 'reorganisasi' buat memperkuat dan memodernisasi Kekhilafahan Utsmaniyah. Dokumen pertama Tanzimat berisi tujuan-tujuan dasar yaitu: memastikan "Keamanan yang paripurna bagi kehidupan, kehormatan, dan properti" bagi semua masyarakat Utsmaniyah; menciptakan "Sebuah sistem evaluasi pajak regulerdanquot;: dan reformasi dinas militer.

Tanzimat dilakukan untuk memperkuat birokrasi dan administrasi Kekhilafahan Utsmaniyah yang bobrok. Sudah merupakan keharusan bagi negara-negara yang mengupayakan modernisasi waktu itu buat jua mengenalkan reformasi administrasi misalnya penyederhanaan & pemerataan hukum, & pendataan penduduk buat menciptakan birokrasi yg efisien, dengan ini hukum yg terkodifikasi & egaliter beserta konstitusi dikenalkan pada kehidupan Utsmaniyah.

Tentunya reformasi-reformasi tersebut ditentang oleh kaum agamawan dan warga beragama Suni Utsmaniyah yang relijius. Hal ini terjadi dampak minimnya sosialisasi dan perencanaan matang yg kemudian reformasi-reformasi ini diperkenalkan secara spontan pada rakyat yg dogmatis & sudah lama tidak berijtihad dan berinovasi pada bidang sosial-politik Tidak sampai tahun 1850an dan 1860an dampak menurut Tanzimat mulai terasa waktu muncul gerakan-gerakan pemuda yang progresif misalnya 'Utsmani Muda' & mencapai puncak konvoi reformasi menggunakan munculnya 'Turki Muda' yang menggulingkan Sultan Abdul Hamid II?Yang memerintah menggunakan absolutisme?Dalam tahun 1908

Organisasi-organisasi pemuda ini beranggotakan mahasiswa-mahasiswa Utsmaniyah yg memelajari kedokteran & ketentaraan, para elit-elit muda ini sesudah belajar ke Eropa beranggapan bahwa rahasia pada balik kesuksesan negara-negara pada Eropa adalah pemerintahan yg bertenaga yg ditopang sang organisasi politik yg teratur dan terorganisir dan hadirnya kekuasaan yang konstitusional. Mereka kecewa dengan ketidakstabilan politik yg terjadi dalam masa pemerintahan Sultan Abdulaziz. Pergerakan reformis beranggapan bahwa Sultan pengganti Sultan Murad yaitu Sultan Abdul Hamid II akan bekerjasama menggunakan 'Utsmani Muda', & dia dalam masa awal-awal pemerintahan memang berhubungan menggunakan para reformis pada mendirikan pemerintahan yang konstitusional dan memiliki parlemen, namun beberapa ketidaksepakatan beliau menggunakan parlemen dan dihadapkan menggunakan disintegrasi daerah Utsmaniyah akibat pemberontakan nasionalis & peperangan dengan Rusia?Atas polemik minoritas Kristen pada Lebanon dan Palestina yg di mana Utsmaniayah dibantu oleh Perancis & Inggris?Menciptakan beliau membubarkan parlemen dan menangguhkan konstitusi.

Hal tersebut & peralihan pada absolutisme pada bawah Sultan Abdul Hamid II mengecewakan kaum reformis dan berujung menggunakan Kudeta Turki Muda dalam tahun 1908 yang digerakan sang 'Komite untuk Persatuan & Kemajuan' yang berisikan anggota-anggota Turki Muda dan 'Partai Kebebasan dan Kesesuaian' yg dipimpin sang keliru satunya anggota berdasarkan Dinasti Osman sendiri yaitu Sultanzade Sebahaddin. Dua kekuatan ini beserta konvoi kecil lainnya yg tergabung di bawah 'Uni Liberal' beraspirasi buat mengembalikan konstitusi dan mendirikan parlemen pulang yang sudah ditangguhkan sang Sultan Abdul Hamid II.

Nasionalisme adalah sebuah pedang yg menghunus ke dua arah bagi Kekhalifahan Utsmaniyah; di satu sisi harus dipahami bahwa Utsmaniyah pada perjalanannya menjadi kekuatan imperial memiliki daerah kedaulatan plural yang multi-etnis dan multi-nasional, didiami bangsa Turki, bangsa Arab, bangsa Armenia, bangsa Kurdi, bangsa Slavia, & aneka macam minoritas misalnya minoritas Druze pada Lebanon. Nasionalisme merupakan ilham yg menginspirasi bangsa-bangsa ini buat memberontak melawan Utsmaniyah dan menciptakan rasa kebangsaan sendiri. Hal ini menjadikan daerah Balkan yang didiami oleh bangsa Slavia; sehabis menemukan jati diri bangsa mereka, manunggal melawan Utsmaniyah pada Perang Balkan Pertama pada tahun 1912-1913.

Di sisi yang lain, bangsa Turki yang mempunyai pemikiran misalnya Tiga Pasya: Talaat, Djemal, dan Enver menyadari bahwa buat memperkuat Negara Utsmaniyah & mempertahankan dominasi bangsa Turki dalam perpolitikan Utsmaniyah maka harus menyuarakan pula semangat kebangsaan Turki. Gerakan Turki Muda yg dipimpin sang Triumverat Pasya di awal abad ke-20an melalui Komite buat Persatuan dan Kemajuan bekerja buat mensentralisasi kekuasaan politik ke Istanbul & secara perlahan men-"Turkifikasi" penduduk multi-budaya di daerah Utsmaniyah.

Upaya Turkifikasi budaya mereka yang berada di wilayah jajahan membangkitkan kembali semangat Al-Nahda yang dimulai di Mesir. Aspirasi nasionalisme dan modernisasi bangsa Arab yang diwariskan oleh tokoh-tokoh seperti Sayyid Jamaluddin al-Afghani dan Syaikh Muhammad Abduh beserta ingatan akan pemberontakan tokoh-tokoh reformis seperti Saad Zaghlul  di Mesir kembali bergema di kalangan bangsa Arab. Namun pada awal masa pergerakannya, para nasionalis Arab terpaksa berkumpul secara rahasia dan dengan memperhatikan kehati-hatian  yang tinggi, karena Utsmaniyah di bawah pimpinan Triumverat Pasya gencar membungkam oposisi-oposisi politik  bahkan sekutu lamanya di Partai Kebebasan dan Kesesuaian; para nasionalis Arab tidak lepas dari pembungkaman dan sensor pemerintah. Membutuhkan sebuah percikan agar pergerakan nasioanl Arab dapat naik ke permukaan dinamika politik. Percikan ini adalah pecahnya Perang Dunia 1 dan bergabungnya Utsmaniyah di sisi Kekuatan Poros.

Kengerian yg membayangi peristiwa humanisme di Armenia & tindakan Djemal Pasya di Suriah dan Lebanon terhadap tokoh-tokoh pro-kemerdekaan Arab menjadikan sensasi paranoia dan kekhawatiran di kalangan bangsa Arab pada Levant, Mesopotamia, & Hijaz. Djemal menjatuhkan tuduhan penghianatan tingkat tinggi pada sejumlah tokoh pada Suriah & Lebanon. Sebuah pengadilan militer didirikan di Lebanon dalam tahun 1915, dalam ketika setahun, puluhan orang digantung pada Beirut & Damaskus, serta menjebloskan ratusan orang lainnya ke penjara, & ribuan orang diasingkan. Tindakan ini yang memberikan gelar "al-Saffah" atau "penumpah darah" pada Djemal Pasya meyakinkan lebih poly orang Arab buat memerdekakan diri.

Sebuah ucapan disampaikan sang Presiden Liga Progres Lebanon, Naroum Mokarzel pada tahun 1913 pada Kongres Arab pada Paris bahwa revolusi yang akan terjadi harus merupakan revolusi literasi & reformasi, dan bahwa kekerasan hanya adalah pilihan terakhir. Tetapi pada tahun 1916, Wangsa Hasyimiyah pada Hijaz dipimpin oleh Sharif Hussein bin Ali yg dibantu sang Inggris melalui Korespondensi Hussein-McMahon; didorong oleh rasa takut terhadap prospek akan terjadinya pembantaian terhadap orang Arab seperti yg terjadi di Armenia menentukan untuk mengobarkan perang & mengambil pilihan pertumpahan darah. Wangsa Hasyimiyah juga melakukan hal tadi karena menggangap bahwa Turki Muda dan Triumverat Pasya dalam upaya mereformasi Utsmaniyah telah melenceng dari Islam.

Di waktu yg sama seseorang perwira asal Thessaloniki yg merupakan veteran Perang Italia-Utsmaniyah di Italia dalam tahun 1911-1912 mencetak prestasi militer pada medan pertempuran, dia adalah tokoh instrumental dalam kemenangan Utsmaniyah di Galipoli melawan Sekutu & waktu Utsmaniyah mulai kalah dalam perang, dia mengupayakan evakuasi pasukan Utsmaniyah berdasarkan Mesopotamia dan Suriah menuju Anatolia. Beliau nantinya akan menjadi Presiden Republik Turki yang petama, nama dia merupakan Mustafa Kemal. Seorang ahli strategi militer & negarawan, beliau nir berdiam diri saat Sultan Utsmaniyah melewati delegasi yg dikirim ke S?Vres menyetujui pengucilan daerah Utsmaniyah & memaksakan Utsmaniyah buat membayar biaya yang mahal akibat keikutsertaan mereka dan agresi mereka dalam tahun 1914. Perjanjian S?Vres membagi daerah Asia Minor sebagai zona yang diadministrasi sang Yunani, Perancis, dan Italia; menyisihkan wilayah buat Armenia & Negara Kurdi. Utsmaniyah hanya dibatasi pada kantong mini di utara Anatolia; & keuangan Utsmaniyah dikendalikan oleh para pemenang perang melewati OPDA?Yg diperkuat, Administrasi Utang Umum Utsmaniyah yg didirikan pada masa Sultan Abdul Hamid II untuk mengurus pembayaran utang Utsmaniyah ke negara-negara & perusahaan di Eropa.

Mustafa Kemal mendirikan Majelis Agung Nasional bersama kaum nasionalis dan mengobarkan perang kemerdekaan melawan tentara asing di wilayah Turki dan Kekhilafahan Utsmaniyah yang tidak berdaya yang tergabung dalam koalisi tentara sekutu selama tiga tahun. Beliau berhasil mengusir tentara Yunani dsri Izmir, hal ini merupakan kemenangan penting bagi kaum nasionalis, kemudian pada tanggal 3 Maret 1924 memasuki Istanbul dan membubarkan Negara Utsmaniyah dan mengasingkan Dinasti Osman. Keberhasilan Mustafa Kemal dalam mengupayakan kemerdekaan Turki memberikan kepada beliau nama kehormatan "Atatürk" atau "Bapak bangsa Turki" dan memaksa para pemenang Perang Dunia 1 untuk kembali ke meja perundingan. Perjanjian Lausanne yang dirumuskan setelah Perang Kemeedekaan Turki membentuk perbatasan  Turki modern dan menghapus banyak dari sanksi yang dijabarkan sebelumnya dalam Perjanjian Sèvres. Meski sesama kaum nasionalis, Atatürk melarang Turki Muda dan Enver Pasya untuk kembali ke perpolitikan Turki.

Sebagai kalimat terakhir dari penulis, bepergian yg mengiringi kemunduran Kekhilafahan Utsmaniyah merupakan perjuangan panjang yg nir bisa dinafikan segmen dan bagian-bagian eksklusif, Mustafa Kemal Atat?Rk adalah paku terakhir yang dipalukan ke peti mangkat Utsmaniyah, lonceng kematiannya telah berbunyi semenjak Utsmaniyah tidak sanggup menyaingi kemajuan negara-negara saingannya di Eropa, & tidak ada Imperium yang bisa bertahan selamanya.

Penulis:  Lee Kuan Yew

OA: Historypedia Line

Thursday, September 10, 2020

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunagara I: Tiji Tibeh

Ia seorang pangeran pemberani. Memimpin perang dalam usia muda. Saat usianya 19 tahun ia telah diangkat menjadi senopati perang bergelar Pangeran Prangwedana. ia lalu dijuluki “Pangeran Sambernyawa”, karena menyebar maut bagi musuh. Kehebatannya dalam strategi perang bukan hanya dipuji pengikutnya, tapi juga disegani lawannya. Gubernur Jawa, Baron van Hohendorff, menyanjungnya, “Pangeran yang satu ini sudah sejak muda terbiasa dengan perang dan menghadapi kesulitan sehingga tidak mau bergabung dengan Belanda dan keterampilan perangnya diperoleh selama pengembaraan di daerah pedalaman”. Ia membangun pasukan yang solid dengan motto, tiji tibeh [mati siji, mati kabeh, mukti siji, mukti kabeh]. Ia menjaga kebersamaan dengan semboyan itu, jika gugur satu, gugur semua dan jika sejahtera satu, sejahtera semua.

Pangeran dari Mataram ini bernama asli Raden Mas Said. Ia putra Pangeran Arya Mangkunegara Kartasura dengan R.A Wulan. Ketika Said masih berusia dua tahun, ayahnya ditangkap karena melawan kekuasaan Amangkurat IV [Paku Buwono I] yang dilindungi VOC dan dibuang ke Sri Langka. Saat itu, kekuasaan Mataram memang telah berada dalam kendali VOC. Mungkin karena itulah, Said membenci mati-matian kepada VOC.

Perlawanannya dimulai saat terjadi pemberontakan laskar Tionghoa di ibu kota Mataram, Kartasura, pada 30 Juni 1742 dipimpin Raden Mas Garendi [Sunan Kuning]. Saat itu Said baru berumur 19 tahun dan segera bergabung dengan pemberontak untuk menuntut keadilan rakyat [baik pribumi maupun Tionghoa] yang ditindas Kumpeni Belanda [VOC]. Said membangun pertahanan di Randulawang, utara Surakarta dan diangkat sebagai panglima perang.

Gerakan perlawanan ini semakin besar saat Pangeran Mangkubumi bergabung dengan Said yang bergerilya melawan VOC di pedalaman Yogyakarta. Saat usianya 22 tahun ia lalu bergelar Pangeran Adipati Mangkunegara Senopati Panoto Baris Lelono Adikareng Noto. Mereka terus berjuang melawan VOC yang telah menguasai Mataram. Tapi kebersamaan kedua pangeran itu terhenti saat Mangkubumi memisahkan diri. Jadilah Said berperang sendirian melawan Mataram dan VOC.

Said telah berperang sepanjang 16 tahun melawan kekuasaan Mataram dan VOC. Selama tahun 1741-1742, ia memimpin laskar Tionghoa melawan VOC. Kemudian bersama dengan Pangeran Mangkubumi selama sembilan tahun melawan Mataram dan Belanda pada 1743-1752. Tiga tahun berselang, Said menentang perjanjian Giyanti yang membelah Mataram menjadi dua, Surakarta dan Yogyakarta. Pada 1756, ia bertempur melawan dua detasemen VOC dengan komandan Kapten Van der Pol di hutan Sitakepyak Rembang. Besarnya pasukan musuh tercatat “bagaikan semut yang berjalan beriringan tiada putus”. Meski pasukan Said jauh lebih kecil, ia dapat memukul mundur musuhnya. Said hanya kehilangan 3 prajurit tewas dan 29 menderita luka. Di pihak lawan sekitar 600 prajurit tewas. Bahkan Said berhasil menebas kepala kapten Van der Pol dengan tangan kirinya. Selanjutnya pasukannya menyerbu benteng Vredeburg dan menyerang Keraton Yogyakarta. Penguasa Yogyakarta di bawah kendali VOC gagal menangkap Said. VOC yang tidak berhasil membujuk Said ke meja perundingan, menjanjikan hadiah 1.000 real bagi semua yang dapat membunuhnya.

Tidak seorang pun yang berhasil menjamah Said. Akan tetapi, kemudian sunan Paku Buwono III berhasil mengajaknya berunding. Said bersedia berunding dengan Sunan, dengan syarat tanpa melibatkan VOC. Said menemui Sunan di Keraton Surakarta dengan dikawal 120 prajuritnya. Sejak itu genjatan senjata tercapai melalui perjanjian Salatiga 17 Maret 1757. Said kemudian diangkat sebagai Adipati Miji [penguasa mandiri]. Ia lalu bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati AryaMangkunagara I. ia memerintah praja Mangkunegara yang meliputi wilayah Kedaung, Matesih, Honggobayan, Sembuyan, Gunung Kidul, Pajang utara hingga Kedu. Akhirnya VOC juga harus mengakui kekuasaan Mangkunegara I dan harus menjunjungnya sebagai raja ketiga di Jawa Tengah, setelah Sunan di Surakarta dan Sultan di Yogyakarta. Atas kepemimpinannya dalam mengobarkan perlawanan melawan VOC selama 16 tahun, pemerintah Indonesia memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Kanjeng Gusti Pangeran Adipati AryaMangkunagara I ditahun 1988.

Sumber: Ensiklopedia Pahlawan Nasional

Labels

1450LMT 15Item 44S3g 4Touch 5 Artis Cantik Tanpa Make Up 5Inch 80120160 Abad Pertengahan About Accessory Acoustics Adapter Adaptor Africa Agama Agar Kulit janin Sehat Agar Kulit putih Sehat Alami Agar Kulit rambut Sehat Agar Kulit Sehat tidak kering Agar Kulit wajah Sehat Alami Agraris AmazonBasics apa nama Obat Pemutih Ketiak Apple armband Artis india Cantik Tanpa Make Up Assistance Backup Bagaimana Putihkan Ketiak balai keSehatan Kulit dan kelamin makassar balai keSehatan Kulit kelamin dan kosmetika makassar Bargaincell Battery Beasiswa Beauty Sleep eye covers bedak sejuk Putihkan Ketiak Being berita Black Blackberry BlackBlack blades Body and SkinCare Built Bundle Buying cable Cable Cantik Alami Tanpa Make Up Cantik Asli Tanpa Make Up Cantik Tanpa Make Up Cantik Tanpa Makeup Canvas Cara Alami Memutihkan Ketiak Cara ampuh Memutihkan Ketiak Secara Alami Cara Cepat Putihkan Ketiak Hitam Cara Cepat Putihkan Kulit Ketiak Cara Kulit Sehat putih Alami Cara Membuat Kulit jadi Sehat Cara mempertahankan Kulit Agar tetap Sehat dan Cantik Cara Memutihkan baDan Dengan Baking Soda Cara Memutihkan celah Ketiak Cara Memutihkan Ketiak Cara Memutihkan Ketiak anak Cara Memutihkan Ketiak bekas dicukur Cara Memutihkan Ketiak dalam waktu 7 hari Cara Memutihkan Ketiak dalam waktu Cepat Cara Memutihkan Ketiak Dan menghilangkan rambut Ketiak Secara Alami Cara Memutihkan Ketiak Dan merontokkan rambut Ketiak Cara Memutihkan Ketiak Dan selakangan Dengan Baking Soda Cara Memutihkan Ketiak Dan Selangkangan Menggunakan jeruk nipis Cara Memutihkan Ketiak Dan Selangkangan Secara Alami Cara Memutihkan Ketiak Dengan Berkesan Cara Memutihkan Ketiak Dengan efektif Cara Memutihkan Ketiak Dengan gula pasir Cara Memutihkan Ketiak Dengan lemon Dan gula Cara Memutihkan Ketiak Dengan lidah buaya Cara Memutihkan Ketiak Dengan minyak zaitun Cara Memutihkan Ketiak Dengan timun Cara Memutihkan Ketiak dg Baking Soda Cara Memutihkan Ketiak dgn odol Cara Memutihkan Ketiak female daily Cara Memutihkan Ketiak Menggunakan Soda kue Cara Memutihkan Ketiak pakai bahan dapur Cara Memutihkan Ketiak pake jeruk nipis Cara Memutihkan Ketiak pake timun Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Dan permanen Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Dengan lemon Cara Memutihkan Ketiak untuk pria Cara Memutihkan Ketiak yang Hitam Dan bau Cara Memutihkan Ketiak yang sering dicukur Cara Memutihkan Ketiak yg Hitam membandel Cara Memutihkan Ketiak yg Hitam Secara Alami Dan Cepat Cara Memutihkan Kulit baDan Dengan Baking Soda Cara Memutihkan Kulit celah Peha Cara Memutihkan Kulit Ketiak Dan Selangkangan Secara Alami Cara Memutihkan Kulit Ketiak Dengan bahan Alami Cara Memutihkan Kulit Ketiak Dengan Baking Soda Cara Memutihkan Kulit Ketiak Tradisional Cara Memutihkan Kulit leher Dengan Baking Soda Cara memutihkan Kulit seCara Sehat dan Alami Cara Memutihkan Kulit Selangkangan Dengan Baking Soda Cara mendapatkan Kulit Cantik seCara Alami Cara mendapatkan Kulit Sehat Alami Cara menjaga keSehatan Kulit Agar terhindar dari gangguan ekskresi Cara menjaga keSehatan Kulit badan Cara menjaga keSehatan Kulit remaja Cara Merawat Kulit wajah ibu hamil Cara Merawat Kulit wajah laki2 Cara Merawat Kulit wajah normal Cara Merawat Kulit wajah orang Korea Cara Merawat Kulit wajah remaja seCara Alami Cara Mudah Memutihkan Ketiak Secara Alami Cara Perawatan Kulit wajah normal Cara Putihkan bulu Ketiak Cara Putihkan Ketiak Cara Putihkan Ketiak Alami Cara Putihkan Ketiak Dengan Alami Cara Putihkan Ketiak Dengan bahan Alami Cara Putihkan Ketiak Dengan Baking Soda Cara Putihkan Ketiak Dengan Cepat Cara Putihkan Ketiak Dengan kunyit Cara Putihkan Ketiak Dengan ubat gigi Cara Putihkan Ketiak yang Berkesan Cara Putihkan muka Dengan Baking Soda Cara Putihkan Selangkangan yang Hitam Cara Tradisional untuk Memutihkan Ketiak yang Hitam Cara untuk Memutihkan Ketiak Hitam Cara untuk Putihkan Ketiak cari Obat Pemutih Ketiak Carrying cek keSehatan Kulit Cerpen Certified Challenges Charge Charger Charging ChargingSync Child Children ciri Kulit Sehat Alami ciri-ciri Kulit Sehat dan Cantik ciri2 Kulit yg Sehat Class classic Classic Clear ClearSolid CLRCHR22BLK cnn Collection College Color compatible Compatible Connector Consequences Cover Cradle cream keSehatan Kulit cream Memutihkan Ketiak Dan Selangkangan Crime Crystal Cyber DandyCase Dating: Demokrasi Liberal Design desktop Different Digital Disney Display Docking Doing Earphone Earphones ebook keSehatan Kulit Effect Effective Effects eForCity Emotional EMPIRE Enrolled Ethnic External Facts fakta Kulit Sehat family Feet10 Film Financial FireMotorola fixed Flexi Flyer Foto Frequency Galaxy gambar keSehatan Kulit gambar Kulit Sehat Gameboy Garmin garnier Putihkan Ketiak Generation Generic gizi keSehatan Kulit Government Grand Grants Griffin Guards Gummy HAFX1X HardShell harga Obat Pemutih Selangkangan hari Harrisburg headphone Headphone Headset Health Hewan Hilangkan Jerawat Hindu Budha Holder Hotsync Hybrid ilmu keSehatan Kulit dan rambut ilmu keSehatan Kulit wajah includes including indonesia InEar Info info keSehatan Kulit info keSehatan Kulit bayi Info Sejarah informasi keSehatan Kulit informasi keSehatan Kulit wajah ingin Putihkan Selangkangan Dan bokong ini inlcudes iphone iPhone Iphone iWatchz jamu keSehatan Kulit Jejak Sejarah juice keSehatan Kulit jurnal keSehatan Kulit wajah Kansas Kesehatan KeSehatan Kulit keSehatan Kulit Alami keSehatan Kulit berJerawat keSehatan Kulit bibir keSehatan Kulit dalam islam keSehatan Kulit dan kelamin keSehatan Kulit dengan buah keSehatan Kulit kering keSehatan Kulit pada anak keSehatan Kulit pdf keSehatan Kulit remaja keSehatan Kulit selangkangan keSehatan Kulit vitamin keSehatan Kulit wajah dan tubuh keSehatan Kulit wajah ppt keSehatan manfaat Kulit manggis keSehatan Merawat Kulit Kesultanan Indonesia Keyboard Kids) Kindle klinik keSehatan Kulit Kontemporer Kulit Agar Sehat Kulit badan Sehat Kulit Cantik Alami Kulit hitam lebih Sehat Kulit hitam Sehat Kulit kepala yang Sehat Kulit kurang Sehat Kulit muka Sehat Kulit payudara yang Sehat Kulit putih Sehat Alami Kulit putih Sehat kumpulan Tips Kulit Sehat Kulit Sehat Adalah Kulit Sehat ala Korea Kulit Sehat Alami Kulit Sehat awet muda Kulit Sehat bebas Jerawat Kulit Sehat bersinar Kulit Sehat cerah Alami Kulit Sehat dan Cantik Kulit Sehat dan indah dari redwin sorbolene Kulit Sehat dan kencang Kulit Sehat dan lembab Kulit Sehat dan mulus Kulit Sehat dan putih Kulit Sehat dan terawat Kulit Sehat dari dalam Kulit Sehat dengan minyak zaitun Kulit Sehat dengan pepaya Kulit Sehat jafra Kulit Sehat mulus Kulit Sehat putih Kulit Sehat seperti apa Kulit Sehat syahrini Kulit Sehat tanpa Jerawat Kulit Sehat tanpa kosmetik Kulit Sehat tanpa Make Up Kulit Sehat terawat Kulit Sehat vegetarian Kulit Sehatku Kulit Sehatku blogspot Kulit wajah Cantik Alami Kulit wajah Sehat Kulit wajah Sehat Alami Kulit wajah Sehat dan bersih Kulit wajah Sehat Pria Kulit wajah Sehat seperti apa Kulit wajah yang Sehat Kulit yang Sehat Kulit yg Sehat kumpulan Obat Tradisional Pemutih Selangkangan leather Leather lemon Putihkan Ketiak Lifetime MA002LLA Makanan keSehatan Kulit wajah Makanan untuk keSehatan Kulit tubuh Makanan untuk Kulit Sehat dan Cantik Manage Masa Kemerdekaan Masa Kolonial Masa Pendudukan Jepang Materi Sosiologi Meeting Memory Memutihkan Ketiak Dan Selangkangan Dengan Baking Soda Memutihkan Ketiak Dan Selangkangan Dengan Pasta Gigi Memutihkan Ketiak Dengan Cepat Dan Mudah Memutihkan Ketiak Dengan lemon Dan Baking Soda Memutihkan Ketiak Hitam Cepat Memutihkan Ketiak Hitam Dan kasar Memutihkan Ketiak Hitam Dengan bahan Alami Memutihkan Ketiak Hitam Secara Cepat Memutihkan Ketiak Menggunakan kentang Memutihkan Ketiak Secara Cepat Memutihkan Ketiak yang Hitam Dengan Cepat Memutihkan Kulit Ketiak Dengan minyak zaitun menjaga keSehatan Kulit bibir menjaga keSehatan Kulit menurut islam menjaga keSehatan Kulit wajah Pria menjaga Kulit Sehat seCara Alami Merawat keSehatan Kulit seCara Alami Merawat Kulit Sehat Alami Merawat Kulit wajah Agar cerah Merawat Kulit wajah ala Korea Merawat Kulit wajah berpori-pori besar Merawat Kulit wajah Cara Alami Merawat Kulit wajah dengan es batu Merawat Kulit wajah normal Merawat Kulit wajah seCara Alami Merawat Kulit wajah usia 30 tahun Meter Michigan microphone Microphone microSDHC MicroSDHC Militer Mingle Model MODEL models Mortgage Mount Movable Multifunctional Multitouch nama Obat Pemutih Selangkangan Nasionalisme Asia-Afrika Navigator Newest Nintendo nutrisi keSehatan Kulit Nylon Obat cina Pemutih Selangkangan Obat Pemutih Ketiak Obat Pemutih Ketiak Tradisional Obat Pemutih Ketiak yang Hitam Obat Pemutih Selangkangan Obat Pemutih Selangkangan Dan bokong Obat Pemutih Selangkangan Dengan Cepat Obat Pemutih Selangkangan Tradisional Obat Pemutih Selangkangan wanita Obat untuk Putihkan Selangkangan Offers olahraga Kulit Sehat Opini Orde Baru Orde Lama Other Packaging Panasonic Parenting Parenting: Parents pemutih Kulit yg Sehat pengalaman Memutihkan Ketiak Dengan jeruk nipis Pengantar Ilmu Sejarah Perang Dingin Perang Dunia I Perang Dunia II Perang Vietnam Perawatan Kulit Perawatan Kulit Cantik putih Alami Perawatan Kulit Cantik seCara Alami Perawatan Kulit muka di erha Perawatan Kulit muka laki-laki Perawatan Kulit muka mengelupas Perawatan Kulit n wajah Perawatan Kulit putih Sehat Perawatan Kulit Wajah Perawatan Kulit wajah Agar tetap lembab Perawatan Kulit wajah artis Perawatan Kulit wajah berflek hitam Perawatan Kulit wajah berJerawat dengan teknologi Perawatan Kulit wajah berminyak Perawatan Kulit wajah bopeng Perawatan Kulit wajah dengan es Perawatan Kulit wajah dengan jeruk Perawatan Kulit wajah dengan laser Perawatan Kulit wajah di bogor Perawatan Kulit wajah di jember Perawatan Kulit wajah di malam hari Perawatan Kulit wajah di medan Perawatan Kulit wajah estetika Perawatan Kulit wajah kering dan berJerawat Perawatan Kulit wajah kering sensitif Perawatan Kulit wajah komedo Perawatan Kulit wajah kota jakarta barat daerah khusus ibukota jakarta Perawatan Kulit wajah lbc Perawatan Kulit wajah menua Perawatan Kulit wajah murah Perawatan Kulit wajah mustika ratu Perawatan Kulit wajah orang jepang Perawatan Kulit wajah orang Korea Perawatan Kulit wajah revlon Perawatan Kulit wajah saat hamil Perawatan Kulit wajah Sehat Perawatan Kulit wajah sensitif Perawatan Kulit wajah sensitif dan kering Perawatan Kulit wajah setelah melahirkan Perawatan Kulit wajah terbaik di bandung Perawatan Kulit wajah terbaik di indonesia Perawatan Kulit wajah tidak bermasalah Perawatan Kulit wajah untuk Pria Perawatan Kulit wajah usia 35 Perawatan Kulit wajah wardah Perawatan Kulit wajah yang Alami Perawatan Kulit wajah yang baik Perawatan Kulit wajah yang kering Perawatan Kulit wajah yang sangat kering Perawatan Kulit wajah yang Sehat Perawatan Kulit wajah yang sensitif Pergerakan Nasional Perlawanan Imperialisme Phone pilpres Place Playback Playbook player Player Plight Politik Portable Pouch Power Prasejarah Prasejarah Indonesia Premium Previous Print produk keSehatan Kulit manggis produk Memutihkan Ketiak yang Hitam produk Pemutih Ketiak di malaysia produk Pemutih Ketiak paling ampuh produk Pemutih Selangkangan terbaik Programs Protector Protectors Psychological Puisi Purple Putihkan Ketiak Putihkan Ketiak Alami Putihkan Ketiak dalam seminggu Putihkan Ketiak Dan celah paha Putihkan Ketiak Dan Selangkangan Putihkan Ketiak Dengan bahan Alami Putihkan Ketiak Dengan Baking Soda Putihkan Ketiak Dengan Cepat Putihkan Ketiak Dengan garam Putihkan Ketiak Dengan jeruk nipis Putihkan Ketiak Dengan kapur Putihkan Ketiak Dengan kapur sirih Putihkan Ketiak Dengan kentang Putihkan Ketiak Dengan kunyit Putihkan Ketiak Dengan lidah buaya Putihkan Ketiak Dengan minyak zaitun Putihkan Ketiak Dengan Pasta Gigi Putihkan Ketiak Dengan Soda bikarbonat Putihkan Ketiak Dengan Soda kue Putihkan Ketiak Dengan susu cair Putihkan Ketiak guna tawas Putihkan Ketiak Hitam Putihkan Ketiak Secara Alami Putihkan Kulit Dengan Baking Soda Putihkan Kulit Ketiak Putihkan Selangkangan Putihkan Selangkangan Dengan jeruk nipis Putihkan Selangkangan Hitam Questions Quotes Cantik Tanpa Make Up rahasia Kulit Cantik Sehat rahasia Kulit Sehat Korea rahasia Kulit Sehat orang Korea Raising ramuan keSehatan Kulit Range Rapids Rates Reader Rechargeable Reformasi Regarding Relationships Relationships: Remote Renaissance Resep Kulit Sehat Resep Kulit Sehat Alami Resep Kulit Sehat dan Cantik Retail Revolusi Dunia Barat Revolusi Kemerdekaan Right RPHJE120K rubrik keSehatan Kulit Samsung Sandisk SanDisk SANOXY Sansa Sastra Scholarship Scholarships Screen Screensavers SDSDQ8192 Sejarah Amerika Sejarah diplomasi Sejarah Dunia sejarah ekonomi Sejarah Indonesia Sejarah Islam Sejarah Peradaban Kuno Self-Regulation Shape shuffle Shuffle silicone Silicone simmons Beauty Sleep natural crib mattress Single Singles slots Smartphones SnapOn solusi Kulit Sehat Sosial Budaya South SPARK Speaker Special Sponsored Stand Stereo Stitch Stitchway Strap Stress Stylus supaya Kulit kepala Sehat supaya Kulit Sehat suplemen Kulit Sehat Tablet tawas Putihkan Ketiak tentang keSehatan Kulit wajah Theories Tips Agar Kulit kepala Sehat Tips Agar Kulit Sehat Alami Tips keSehatan Kulit dengan lidah buaya Tips keSehatan Kulit remaja Tips Kulit Cantik seCara Alami Tips Kulit putih Cantik Alami Tips Kulit putih Sehat Alami Tips Kulit Sehat Alami Tips Kulit Sehat bersinar Tips Kulit Sehat cerah Tips Kulit Sehat cerah Alami Tips Kulit Sehat dan halus Tips Kulit Sehat seCara Alami Tips Kulit wajah Cantik Alami Tips Kulit wajah Sehat Tips Kulit wajah Sehat dan bersih Tips Kulit wajah Sehat dan Cantik Tips Putihkan Ketiak Hitam Tips Putihkan Ketiak Secara Alami Tokoh touch Touch Tours Traffic transmitter Transmitter Transparent Travel Traveling Truths UltraPower Understanding Universal Updates Vacation Velcro Version video Video Waterproof White WHITE WhiteGrey Wireless Works Wrist XtremeXplosivs yoga keSehatan Kulit Zebra