Pada bulan Desember 1963, Studebaker mengakhiri produksi mobil dan truknya serya menutup pabrik di South Bend, sedangkan pabrik di Hamilton & Ontario tetap beroperasi hingga perusahaan menutup semua bisnisnya pada Maret 1966 selesainya 114 tahun bergelut pada bisnis otomotif pada Amerika. |
Harian Sejarah -Pada 24 Januari tahun 1871, Albert Russel Erskine dilahirkan di Huntsville, Alabama. Erskine merupakan perintis mobil Studebaker di Amerika sebelum akhirnya mengalami kebangkrutan akibat depresi ekonomi besar.
Pada kurun saat 1800an sampai menggunakan awal tahun 1900-an, Erskine bekerja di perusahaan misalnya American Cotton & Underwood Typewriter, sebelum bergabung menggunakan Studebaker pada South Bend, Indiana pada tahun 1911. Asal-usul menurut Studebaker yaitu saat Saudara Henry dan Clement Studebaker membuka toko pintar besi di South Bend dalam tahun 1852. Studebaker kemudian menjadi produsen terkemuka moda transportasi gerobak yg ditarik menggunakan kuda dan menyediakan gerobak kuda yang digunakan oleh Angkatan Darat AS selama Perang Saudara Amerika dalam tahun 1861?1865.
Studebaker-Garford (Foto: American Automobiles) |
Selama beberapa saat, perusahaan Studebaker berkembang dan mulai memasuki industry otomotif pada Amerika, dalam tahun 1902 Studebaker meluncurkan secara perdana kendaraan beroda empat listriknya & sebuah tunggangan kuat gas dalam tahun 1904 yang dipasarkan menggunakan nama Studebaker-Garford. Studebaker mulai menjual mobil bertenaga gas menggunakan namanya sendiri dalam tahun 1931 sambil terus menciptakan gerobak kuda hingg tahun 1920 setalah sebelumnya bermitra menggunakan pembuat kendaraan beroda empat lainnya.
Albert Erskine lalu menjadi presiden Studebaker dalam tahun 1915. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan mengakuisisi pembuat mobil mewah Pierce-Arrow dalam akhir tahun 1920 & meluncurkan mobil Erskine & Rockne yg mempunyai harga yg terjangkau. Nama mobil Rockne dari berdasarkan nama seseorang pelatih sepak bola populer di Universitas Notre Dame yaitu Knute Rockne (1888-1931).
Pada awal 1930-an Studebaker mengalami pukulan dampak depresi ekonomi yang akbar. Erskrine dituduh melakukan kecerobohan pada mengatur keuangan atas keterpurukan keuangan Studebaker ketika depresi ekonomi. Pada tahun 1933, perusahaan Studebaker bangkrut, Erskine lalu bunuh diri dalam lepas 1 Juli 1933 dalam usia 62 tahun. Motif bunuh diri dari Erskine ditenggarai lantaran perkara utang dan kesehatan eksklusif.
Manajemen baru punya perusahaan pulang ke jalur, menjatuhkan merek Rockne dalam bulan Juli 1933 & menjual Pierce-Arrow, antara berkiprah konsolidasi lainnya. Pada bulan Januari 1935, Studebaker Perusahaan baru didirikan. Pada akhir 1930-an, desainer industri Perancis kelahiran Raymond Loewy mulai bekerja buat Studebaker dan akan dikreditkan menggunakan model-contoh populer termasuk peluru berhidung 1953 Starliner dan mengenai Starlight coupe & 1963 Avanti olahraga coupe.
Pada bulan Januari tahun 1935 Perusahaan Studebaker baru didirikan, Studebaker lalu memiliki manajemen baru sesudah kejatuhannya. Merek Rockne lalu berhenti produksi dalam Juli 1933 dan menjual Pierce-Arrow yang sebelumnya diakuisisi. Pada akhir 1930-an, desainer industry kelahiran Perancis, Raymond Loewy mulai bekerja buat Studebaker & menghasilkan beberapa kendaraan beroda empat menggunakan contoh-model popular seperti bullet-nosed (1953), Starliner, & Starlight Coupe & Avanti sports coupe (1963).
Pada pertengahan 1950-an, Studebaker kembali mengalami permasalahan keuangan. Pada bulan Desember 1963, Studebaker mengakhiri produksi mobil dan truknya serya menutup pabrik di South Bend, sedangkan pabrik di Hamilton & Ontario tetap beroperasi hingga perusahaan menutup semua bisnisnya pada Maret 1966 selesainya 114 tahun bergelut pada bisnis otomotif pada Amerika.
Pada bulan April 2009, ada Chrysler menjadi penghasil mobil Amerika besar pertama semenjak Studebaker mengalami kebangkrutan.
0 comments:
Post a Comment