Kebudayaan Renaisans mendorong kembali perkembangan Humanisme Klasik yang sempat terhambat oleh pemikiran-pemikiran abad pertengahan (Foto: http://combiboilersleeds.com/)
Renaissance asal dari bahasa Perancis yang adalah terlahir kembali, istilah ini mengandung arti bahwa terdapat sesuatu yang pernah ditinggalkan atau dilupakan orang, dan sekarang lahir atau mulai digunakan kembali.
Renaisans adalah gerakan budaya yang terjadi di abad ke 14 sampai abad 17 yang terjadi pada abad pertengahan akhir. Dan kemudian menyebar secara luas ke Eropa setelah sebelumnya gerakan ini muncul pertama kali di pusat kekuasaan gereja di Italia. Setelah ditemukannya mesin cetak oleh Johannes Gutenberg, penyebaran gerakan Renaisans berlangsung cukup cepat ke daratan Eropa pada permulaan awal abad ke 17.
(Baca juga: Feodalisme pada Eropa Abad Pertengahan)
Renaisans yg merupakan sebuah gerakan pembaharuan yg dikenal sebagai masa kesadaran (Aufklarung) yang bertujuan mereformasi ajaran-ajaran warga seperti sastra, filsafat, seni, musik, politik, ilmu pengetahuan, & kepercayaan yang selama ini terdoktrinasi oleh Ajaran-ajaran Gereja Vatikan Roma yang mensugesti kehidupan rakyat secara luas.
Ajaran ini mendorong adanya keterbukaan dan kebebasan atas imbas gereja yg hiperbola & mendorong buat kambali & berbagi ajaran Romawi dan Yunani Kuno dan mengembangkan ajaran yg menunjang pengembangan pemikiran modern yang bebas dan terbuka. Ajaran ini pula mendorong agar mengejar ketertinggalan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan bangsa Asia & Afrika pasca jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan Kekaisaran Turki Utsmani yg mengisolasi daratan Eropa.
Latar Belakang
Lukisan oleh pelukis Yunani Theophilos Hatzimihail
mendeskripsikan pertempuran di pada kota, Konstantinus terlihat menunggangi kudap putih.
Setelah kejatuhan Konstantinopel dalam 1454. Bangsa Eropa merasa mengalami kemunduran sehingga masa ini diklaim sebagai Masa Kegelapan ( Dark Ages ) bagi bangsa Eropa lantaran mengalami ketertinggalan terhadap bangsa Asia dan Afrika. Akibat hal ini, para sarjana-sarjana dan filsuf Eropa mendorong masyarakat Eropa buat pulang & membuka file-file dan catatan masa Romawi dan Yunan Kuno dan balik buat berpikir realistis dalam menuangkan pemikiran terhadap pengetahuan sastra, filsafat, seni, ilmu pengetahuan yang terbebas dari impak gereja yang dinilai menghambat pemikiran-pemikiran yg logis buat berkembang menuju modernisasi.
(Baca pula: Jatuhnya Konstantinopel 1453)
Tujuan
Pada masa Renaisans orang Eropa merasakan kehidupan balik dari keadaban, insan pulang pada asal asal yg murni bagi pengetahuan dan estetika, zaman ini pula berarti zaman penekanann otoritasi pemerintah yang mengekangd an mengkontrol seluruh aktivitas negara.
Keindahan Renaisans lebih banyak diarahkan pada unsur duniawi, contohnya teori menggambar, arsitektur, & melakukan percobaan daripada mengindahkan pengetahuan yg dianjurkan oleh agama. Ilmu pengetahuan berhasil mengsempurnakan alat bahan dan bangunan buat penciptaan karya karya seni, gambar prespektifpun telah mulai ditemukan,lukisan masih jarang dibuat buat pribadi, hampir seluruh karya masih diperuntukkan buat umat dan gereja.
(Baca pula: Latar BelakangPenjelajahan Samudra Bangsa Eropa)
Kebudayaan Renaisans mendorong balik perkembangan Humanisme Klasik yg sempat terhambat sang pemikiran-pemikiran abad pertengahan yang meposisikan insan sebagai bagian menurut alam dan negara yang atas ajaran ini insan cenderung harus mengkesampingkan pemikiran individual yg terbuka. Humanisme Renaisans menekankan pemikiran bahwa manusia sebagai indivudualisme. Individualisme yg menganggap bahwa insan sebagai langsung perlu diperhatikan. Kita bukan hanya umat manusia, namun kita jua merupakan individu-individu unik yang bebas buat berbuat sesuatu & menganut keyakinan tertentu
Sumber :
Atlas Sejarah Indonesia dan Dunia. Mastara, Jakarta, 2004
A Short History of The World : Sejarah Dunia Singkat. Indoliterasi.Yogyakarta.2013
Revolusi Industri merupakan peristiwa yg membarui dunia. Mekanisasi pekerjaan & ekspansi produksi sebagai kuncinya. Mungkin hal ini terdengar cantik dalam zamannya, tetapi selalu terdapat sisi lain berdasarkan revolusi industry yang tidak selamanya baik. Kondisi pabrik era revolusi industry sangat buruk, perempuan & anak-anak dipaksa bekerja 12-18 jam per hari, hanya dengan ketika istirahat yg sangat sebentar yaitu satu jam per hari. Mereka dipaksa bekerja pada tekanan, bahkan mereka terkadang menerima perlakuan nir menyenangkan berdasarkan mandor pabrik.
Kondisi tersebut terkadang mengakibatkan derita fisik bagi pekerjanya, mulai dari gangguan mental bahkan stigma fisik karena penyiksaan. Pabrik memiliki peraturan yg keras, para pekerja nir boleh berbicara satu sama lain, bersenandung selama bekerja, bahkan mereka tidak boleh membawa apapun ke pabrik. Keterlambatan pula nir mampu ditoleransi, terlambat satu atau dua mnt bisa berarti pengurangan setengah dari upah haruan mereka yang hanya satu penny per hari.
Pekerjaan dalam segi tambang mungkin sedikit tidak sama, meskipun juga dipekerjakan perempuan & anak-anak di pabrik, namun yang sebagai pekerja utama disana merupakan para laki-laki . Disaat para laki-laki menggali tambang, perempuan dan anak-anak melakukan hal-hal seperti mengangkut barang tambang dalam lorong, membersihkan sisa barang tambang yg terjatuh di kurang lebih area tambang. Kecelakan pun poly terjadi disana, mulai berdasarkan lorong yg longsor, keracunan gas, bahkan ledakan tambang.
Fakta yang dikumpulkan di Inggris & Wales oleh Parlemen dalam penyelidikan mereka terhadap kualitas pekerja tahun 1840-an akhirnya terkuak. Mereka mempelajari sebenarnya misalnya apa syarat dalam tambang & pabrik-pabrik selama revolusi industry dan menemukan hal-hal berikut:
Para pekerja bekerja dalam kondisi kotor dan berbahaya.
Pendidikan terabaikan karena tuntutan pekerjaan.
Banyak masalah dalam kehidupan para buruh karena himpitan pekerjaan.
Kondisi keuangan keluarga bergantung pada buruh anak-anak dan wanita
Para pria banyak yang menjadi mandor untuk wanita dan menerima upah lebih besar.
Kantor De Javasche Bank di Batavia, kini menjadi Museum BI, Jakarta. Foto: Ahllo.com
Harian Sejarah - Sistem perbankan merupakan sebuah faktor terpenting dalam menggerakan roda perekonomian suatu negara dalam menopang pengelolaan keuangaan negara yang terletak secara fundamental dan mutlak adanya dalam sistem pemerintahan modern. Salah satu fungsi perbankan adalah sebagai siklus arus uang dan percetakan mata uang negara secara menyeluruh dalam sebuah pemerintahan yang berdaulat.
Di pada sebuah sistem perbankan masih ada forum-lembaga yang berperan dalam mengatur arus keuangan, baik itu lembaga keuangan yang berbasis bank ataupun nir. Salah satu forum perbankan bukan bank adalah premi, kapital ventura, leasing, dan modal ventura. Adapun bank itu tersendiri menjadi pokok kajian yg khusus karena adalah aspek terpenting pada mengatur perputaran uang warga yg pada menjalankan fungsi pokoknya tadi cenderung mengalami perkembangan yg mumpuni.
(Soal dan Pembahasan Perkembangan kolonialisme Indonesia klik disini)
(Ebook Ringkasan Materi Terlengkap Sejarah klik disini)
Berbicara mengenai perkembanan bank di Indonesia, kita akan kembali secara garis lurus ke belakang dalam masa sejarah Hindia Belanda. Pada tahun 1746 berdiri bank pertama di Hindia Belanda yaitu Bank Van Leening yang menjadi pengenalan awal bagi masyarakat Hindia Belanda dengan sistem perbankan modern pada waktu itu.
Meskipun dalam perkembangannya Bank Van Leening mengalami peleburan dengan Bank De Bankcourant yang didirikan pada waktu itu tanggal 1 September 1752 kemudian mengalami pergantian nama menjadi De Bankcourant en Bank van Leening pada tanggal 5 September 1752. Meskipun telah mengalami peleburan sebelumnya, De Bankcourant dan Bank van Leening juga tidak dapat beroperasi dengan baik dalam menjalani aktifitas perbankannya dan akhirnya ditutup karena bangkrut.
Pasca bangkrutnya De Bankcourant dan Bank van Leening pada 1752. Muncul kemudian pelbagai bank-bank yang berdiri kembali. Baik bank Belanda, orang asing dan pribumi. Nederlandsche Handel Maatschapij berdiri tahun 1824, kemudian berdiri De Javasche Bank tahun 1828, Escomptobank tahun 1857 dan Nederlandsche Indische Handelsbank tahun 1841, yang merupakan bank milik belanda yang beroperasi setelah penutupan De Bankcourant dan Bank van Leening.
Assurantiekantoor Combinatie Sluyters & Co, and de Java-China-Japan Lijn. Foto: Rikaarba
Di samping bank Belanda, juga berdiri bank asing lain seperti, The Chartered Bank of India, Australia dan China Bank tahun 1859, Hongkong and Shanghai Banking Corporation (HSBC) di tahun 1884, Bank of China tahun 1915, Yokohama Specie Bank tahun 1919, kemudian Mitsui Bank 1925.
Tidak hanya bank asing, bank lokal pun ikut berperan dalam persaingan perbankan pada saat itu hingga bermunculan nama bank, seperti Bank Vereeniging Oey Tiong Ham tahun 1906 di Semarang, Chung Hwa Shangieh Maatschapij tahun 1913 di Medan, Batavia Bank tahun 1918 di Batavia dan Spaarbank atau Bank Tabungan di perbagai kota yang kepemilikannya dimiliki secara swasta..
Dengan munculnya bank-bank lokal tersebut. Memicu semangat nasionalisme dengan berdirinya bank-bank pemerintah yang didirikan setelah era tersebut Bank Negara Indonesia tahun 1946, Bank Rakyat Indonesia yang juga didirikan tahun 1946, Bank Tabungan Pos yang merupakan kelanjutan kegiatannya di jaman penjajahan diaktifkan kembali tahun 1950, kemudian didirikan Bank Industri Negara tahun 1955, serta Bank Tani dan Nelayan di tahun 1957.
Bank-bank pemerintah umumnya pada masa awal berdiri masih melakukan pembenahan d diri,misalnya Bank Rakyat Indonesia gencar mendorong pertumbuhan bank desa, dari 1769 buah di tahun 1951 menjadi 4640 buah tahun 1954, BNI aktif membantu para pengusaha pendatang baru melalui sistem importir benteng melalui fasilitas devisa, kredit bank dan subsidi pemerintah.. Adapun Bank Tani dan Nelayan adalah dengan memfokuskan bantuan keuangan untuk membantu mengembangkan usahanya dan melepaskan diri dari lilitan lintah darat (rentenir)1.
(Ebook Materi UTBK SBMPTN Saintek klikdisini)
(Ebook Materi UTBK SBMPTN Soshum klik disini)
Daftar Pustaka
Unit Khusus Bank Indonesia. Sejarah Bank Indonesia : Kelembagaan 1953-1959. Museum Bank Indonesia
Unit Khusus Bank Indonesia. Sejarah Bank Indonesia : Perbankan 1953-1959. Museum Bank Indonesia
Unit Khusus Bank Indonesia. Sejarah Pra Bank : Bank Sentral di Indonesia. Museum Bank Indonesia
Menyerahnya Jepang pada bulan Agustus 1945 menandai akhir Perang Dunia II. Angkatan Laut Kekaisaran Jepang secara efektif sudah tidak ada sejak Agustus 1945, sementara invasi Sekutu ke Jepang hanya tinggal waktu. Walaupun keinginan untuk melawan hingga titik penghabisan dinyatakan secara terbuka, pemimpin Jepang dari Dewan Penasihat Militer Jepang secara pribadi memohon Uni Soviet untuk berperan sebagai mediator dalam perjanjian damai dengan syarat-syarat yang menguntungkan Jepang. Sementara itu, Uni Soviet juga bersiap-siap untuk menyerang Jepang dalam usaha memenuhi janji kepada Amerika Serikat dan Inggris di Konferensi Yalta.
Harian Sejarah -Letnan Jenderal TNI (Purn) Ali Sadikin dilahirkan di Sumedang, Jawa Barat pada 7 Juli 1926. Merupakan putra dari pasangan Bangsawan Sunda, Raden Sadikin dan Itjih Soekarsih Sadikin. Terkenal Sebagai Mantan Gubernur DKI Jakarta yang ke-9, diduetkan dengan Raden H. Atje Wiriadinata, menjabat dua periode antara tahun 1966-1977.
Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta Raya, dia mengawali karier dibidang militer menggunakan pangkat terakhir Letnan Jenderal KKO-AL ( Korps Komando Angkatan Laut). Ali Sadikin jua pernah menjabat menjadi Menteri Perhubungan Laut Indonesia dan Menteri Koordinator Kompartemen Kemaritiman Indonesia dalam Kabinet Trikora dan Trikora yg disempurnaan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno kurun saat 13 November 1963 ? 28 Maret 1966 & 27 Agustus 1964 ? 28 Maret 1966.
Kemudian sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI ) antara tahun 1977-1981. Ali Sadikin memiliki istri yang beprofesi sebagai dokter gigi yaitu Nani Sadikin. Setelah Nani Sadikin Wafat pada 1986. Ali Sadikin menikah lagi dengan wanita bernama Linda Mangan. Dari perkawinannya dengan Nani Sadikin, Ali Sadikin dikaruniai lima orang putra, antara lain Yasser Umarsyah Sadikin, Irmawan Hernadi Putra, Boy Sadikin, Edi Trisnadi Putra, dan Benyamin Irwansyah Putra. Ali Sadikin Meninggal pada 20 Mei 2008 di Singapura pada usia 80 tahun. Setelah bertahun-tahun mengidap penyakit ginjal.
Karir
Deputi Kepala Staf Angkatan Laut Kabinet Kerja (1959-1963)
Menteri Perhubungan Laut Kabinet Kerja (1963-1966)
Menko Kemaritiman Kompartemen Kabinent Dwikora dan Dwikora yang disempurnakan (1964-1966)
Gubernur DKI Jakarta (1966-1977)1
Ketua Umum PSSI (1977-1981)
Penghargaan
Bintang Mahaputra Adipradana berdasarkan Presiden Megawati Soekarnoputri (2003)
Pengangkatan Sebagai Gubernur
Foto: Pinterest
Ali Sadikin dilantik secara langsung oleh Presiden Soekarno menjadi Gubernur DKI Jakarta dalam Kamis, 28 April 1966 pukul 10.00 pada Istana Negara. Ali Sadikin mengenakan pakaian resmi sebagai Mayor Jendral KKO. Hal ini sebagai catatan sejarah bahwa Ali Sadikin adalah gubernur Jakarta yg pertama kali dilantik secara langsung oleh presiden di Istana Negara. Pelantikan Ali Sadikin tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1966. Dalam keputusan tersebut, Ali Sadikin yang pula adalah anggota staf Waperdam Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan ditinjau cakap dan memenuhi kondisi-kondisi sebagai Gubernur DKI Jakarta
Dalam buku Bang Ali Demi Jakarta 1966-1977 karya Ramadhan K.H, ia mengatakan bahwa masyarakat menyebut Bang Ali sebagai gubernur Jakarta terbaik sepanjang sejarah. Dia yang dijadikan idola bagi oleh warga mengharapkan gubernur-gubernur atau calon-calon gubernur Jakarta selanjutnya. Kemudian ia memaparkan dalam bukunya bagaimana Presiden Soekarno memilih Ali Sadikin sebagai Gubernur Jakarta Raya pada waktu itu.
"Ada, ada yang ditakuti dari Ali Sadikin itu. Apa? Ali Sadikin itu orang yang keras. Dalam bahasa Belanda ada yang menyebutnya, een koppige vent, koppig. Saya kira dalam hal mengurus Kota Jakarta Raya ini baik juga een beetje koppigheid (sedikit keras kepala)," kata Sukarno.
Soekarno menambahkan, "Apalagi ndoro dan ndoro ayu sudah tahu, tidak boleh membuang sampah semau-maunya di pinggir jalan, tapi ndoro dan ndoro ayu toh menaruh sampah di pinggir jalan. Nah, itu perlu dihadapi oleh orang yang sedikit keras, yang sedikit koppig."
Tapi, insya Allah, doe je best (berusahalah dengan sebaik-baiknya), agar supaya engkau dalam memegang kegubernuran Jakarta Raya ini benar-benar, juga sekian tahun lagi masih orang mengingat, dit heeft Ali Sadikin gedaan, inilah perbuatan Ali Sadikin. Inilah yang dilakukan oleh Ali Sadikin," kata Sukarno.
Nama besar Ali Sadikin tak lepas daripada peran Presiden Soekarno. Ali Sadikin tidak pernah mendapat stigma apa pun sebelum Presiden Soekarno menunjuk dan melantiknya pada 1966 silam. Satu-satunya yang dikenal dari Guburnur DKI Jakarta ini adalah sifatnya yang koppig atau keras kepala, itulah yang menyebabkan pula ia mendapat julukan dari Pemerintahan Soeharto sebagai ‘pembangkang’ sebagai salah satu tokoh dari petisi 50, dan pula dikenal oleh masyarakat Jakarta dengan sebutan “bang ali” sebagai bentuk gambaran keakraban antara gubernur dengan warganya ini.
Awal Pemerintahan
Upacara Apel di Pimpin Ali Sadikin.Foto:keepo
Saat pertama kali memulai pemerintahannya di tahun 1966. Gubernur Ali Sadikin dihadapkan dalam beberapa keadaan yg cukup sulit : inflasi yg mencapai 600% dan aturan DKI Jakarta yg hanya tersedia kurang lebih 66 juta yang akan terbagi buat menjalankan pemerintahan atas 3 wilayah Jakarta dalam waktu itu : Jakarta Utara, Jakarta Tengah, & Jakarta Selatan. Dibawahnya masih ada 24.700 pegawai yg dalam saat itu upahnya dinilai relatif rendah oleh Ali Sadikin.
Dia memikirkan bagaimana cara mengatur kehidupan 3 juta enam puluh ribu penduduk pada awal kepemimpinannya (1966-1977) yang akan terus berkembang akibat arus urbanisasi yang menaikkan jumlah penduduk kurang lebih seratus ribu orang per tahun, padahal pemerintah kolonial Hindia Belanda pada ketika itu hanya menyiapkan Batavia (sekarang Jakarta) hanya buat kapasitas enam ratus ribu hingga delapan ratus ribu jiwa.
Bukan hanya kasus penduduk secara makro yang ia lihat. Lebih khusus Ali Sadikin berpikir bagaimana dia mampu mengatur bayi yg lahir, sampai orang yang mangkat ; menurut makan, loka tinggal, pekerjaan, sampai pemakaman mereka.
Masyarakat ibukota dalam masa awal pemerintahan Ali Sadikin yg pula terimbas berdasarkan krisis ekonomi dalam masa pemerintahan Presiden Soekarno. Mendapatkan dampak dalam semua bidang, diantaranya: krisis lapangan pekerjaan, krisis wahana pendidikan, krisis infrastruktur, krisis angkutan, krisis jaringan telepon, krisis usaha, & pelbagai krisis lainnya.
Hal tersebut wajib dihadapi dengan dana yg sanggup dibilang sangat kurang buat membiayai pembangunan sebuah ibukota Republik Indonesia, yang diperlukan sebagai sentra kebudayaan bangsa ini.
Pelaksanaan Pemerintahan Dan Strategi Mencari Uang
Blusukan Ali Sadikin (KOMPAS/IGN SUNITO)
Dalam melaksanakan pembangunan Jakarta. Ali Sadikin memproyeksikan perubahan anggaran belanja daerah dalam tahun berikutnya menjadi Rp266 juta berdasarkan tahun semula yaitu Rp66 juta. Anggaan tadi akan digunakan untuk pembangunan, revitalisasi, dan pemeliharaan infrastrukut yang dinilai olehhnya ?Semrawut.?
Dalam memilih aturan itu, Pemerintah Daerah dari pada jumlah pendapatan yg diterima, serta berlandaskan dalam Penetepan Presiden No.26 Tahun 1965 yang menetapkan anggaran belanda daerah disusun secara berimbbang(balanced budget). Dalam menghadapi tantangan demikian, Ali Sadikin menyadari bahwa diperlurkannya asal pendanaan yang wajib digali selain memanfaatkan penerimaan pajak, retribusi & pendapatan daerah yg bersumber menurut subsidi pemerintah pusat. Nilainya dirasa belum mencukupi buat memulai sebuah pembangunan yang beliau rancang menjadi ?Metropolitan.?
Sebelum mengambil kebijakan bagaimana cara mencari pendanaan yg harus dibutuhkan. Terlebih dahulu Ali Sadikin mereformasi sistem keuangan daerah menggunakan penataan sistem perpajakan, administrasi dimodernisasi menggunakan komputerisasi, & soal kedisiplinan pegawai disosialisasikan & diterapkan secara mantap. Menurut Ali Sadikin pada Gita Jaya (1977), cara-cara buat menaikkan pendapatan daerah ditempuh menggunakan jalan intensifikasi penggalian sumber-sumber baru sinkron menggunakan hak-hak swatantra wilayah.
Ali Sadikin memeriksa dengan seksama ketentuan yg berlaku untuk memobilisir dana-dana yang terdapat pada wilayah sinkron menggunakan wewenang yang ada. Pada hakekatnya, asal pendapatan bagi daerah dapat dibagi-bagi sebagai 2 grup penerimaan, yaitu penerimaan-penerimaan yang dari dari pemerintah sentra dan penerimaan pemerintah wilayah sendiri.
Penerimaan dari pusat mencakup subsidi penerimaan keuangan antara pusat dan daerah; iuran pembangunan wilayah (IPEDA); bantuan-batuan acara pembangunan (Proyek Inpres); penerimaan-penerimaan lain dari negara. Sedangkan penerimaan dari wilayah sendiri mencakup pajak daerah,yaitu pajak-pajak yang menurut wewenang yg diberikan oleh perundang-undangan yg berlaku diadakan & dipungut sang pemerintah daerah sebagaimana yang dipengaruhi dalam Undang-Undang Darurat No. 11 Tahun 1957 lepas 22 Mei 1957, mengenai peraturan generik pajak wilayah
Pemerntah Jakarta pada saat itu pontang panting mencari uang. Penerimaan pajak tidak berjalan dengan semestinya disebabkan oleh pengemplangan pajak oleh wajib pajak, serta aparatur perpajakan yang kinerjanya cukup buruk. Pemerintah Jakarta pada saat itu mengedepankan kosep enterprenerurship yang menganalogikan sebagai sebuah perusahaan.
Pemegang saham merupakan masyarakat, direksinya merupakan gubernur, dan pengawas serta komisarisnya merupakan DPRD, jadi bila orang-orang itu nir membayarkan pajak maka: ? No tax, no service. Because service is money, money is tax!?, kata Ali Sadikin pada saat itu. Ali Sadikin pun beranggapan menjadi eksekutif harus berdampingan buat bekerja beserta dengan eksekutif. Untuk itu pada masa pemerintahannya dia berusaha menghindari konflik-pertarungan menggunakan DPRD dan menjalin rekanan yang relatif baik.
Menurut Ali Sadikin pada Gita Jaya (1977), usaha penataan pulang perangkat pemerintah kota tadi ditempuh melalui berbagai termin yang terdiri dari:
Pertama, memperbaiki iklim hubungan kerja antara perangkat eksekutif dengan DPRD. Langkah ini perlu untuk menjamin mewujudkan tanggung jawab bersama antara unsur eksekutif dan DPRD agar penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat dilaksanakan.
Kedua, perombakan susunan organisasi pemerintahan daerah melalui langkah-langkah penataan kembali susunan perangkat pemerintahan daerah. Dalam hal ini termasuk langkahlangkah ke arah peningkatan koordinasi dan sinkronisasi kegiatan pelayanan masyatrakat yang dilakukan di luar perangkat pemerintah daerah.
Ketiga, penggarapan pemerintah daerah. Bagian ini sangat penting, karena seringnya perubahan, pemecahan dan penyatuan berbagai departemen di tingkat pusat telah membawa pengaruh terhadap pembagian tugas di antara dinas-dinas daerah maupun instasi vertikal dan perangkat pemerintah lainnya yang cakupan wilayah kerjanya di daerah.
Keempat, memberikan kesatuan arah bagi perangkat pemerintah daerah disamping usaha peningkatan kemampuan, juga disusun kerangka kerja yang terencana berdasarkan program. Kelima, memberikan perhatian jaminan atas kepastian hukum para pegawainya, jenjang karier, jenjang kepangkatan, sistem prestasi dan norma-norma kepegawaian yang baik lainnya, perlu ditegakkan. Hal ini penting untuk memungkinkan para pegawai dapat bekerja tenang dan penuh tanggung jawab di bidang pekerjaannya.
Dalam menanggulangi perpajakan di Jakarta. Pemerintah dalam ketika itu mencoba buat memperbaiki sistem perpajakan dengan merapihkan data wajib pajak dengan meminta berita menurut instansi Polantas, Bea Cukai, dan Departemen Keuangan RI.
Semua itu dilakukan buat menindak para pengeplang pajak kendaraan, bea impor, dan pajak penghasilan dalam ketika itu, dan beserta Departemen Keuangan buat menyusun penyesuaian tarif pajak & retribusi, lalu kolaborasi pada sosialisasi perpajakan pada wilayah DKI Jakarta Raya.
Dalam usahan mereformasi dan revitalisasi aparatur pemerintahan, dalam upaya aplikasi dekonsentrasi pemungutan pajak pada unit-unit pelaksana pada setiap wilayah, yg telah dimulai pada tahun 1964. Diadakan pelatihan & pelatihan aparatur pemerintahan melalui program pendidikan & latihan kepegawaian yang ditunjang sang fasilitas dari Departemen Keuangan.
Hasil dari banyak sekali kerjasama yg dilakukan, baik menggunakan Departemen Keuangan ataupun Polantas. Membawa dampak yang cukup baik pada realisasi penerimaan pajak tahun-tahun berikutnya pada kurun ketika 1966-1974. Hal tersebut bisa terjadi akibat dari penurunan jumlah pengemplang pajak, dan pungutan liar yang biasa terjadi pada instansi perpajakan wilayah, dan yg terpenting merupakan kepercayaan dari masyarakat sebagai harus pajak yg merasakankan manfaat menurut pajak yg mereka bayarkan.
Pemerintah menjadikan pajak sebagai komponen utama dalam rehabilitasi pembangunan fisik berupa : jalan raya, sekolah , puskesmas, dan fasilitas budaya. Hal tersebut juga menciptakan iklim usaha yang bagus yang menjadi sumber penerimaan pajak. Jumlah bioskop meningkat dari 33 buah menjadi 125 buah pada awal tahun 1977. Pertambahan ini disebabakan oleh rehabilitasi bangunan-bangunan yang sebelumnya ada dan pembangunan-pembangunan baru, serta munculnya tempat-tempat hiburan, yang pula ditambah dengan peningkatan jumlah impor kendaraan bermotor yang menjadi pertambahan sumber pajak bagi daerah.
Namun, Ali Sadikin menilai bahwa penerimaan pendapatan daerah yang bersumber menurut pajak dan retribusi tidaklah cukup. Cukup pada arti istilah mengembangkan kota Jakarta yang populer menggunakan sebutan ?Kampung akbar? Ini menjadi sebuah kota "metropolis." Masih banyak fasilitas umum (kesehatan dan pendidikan) yg belum dapat dibangun menyeluruh di semua daerah ibukota negara ini. Untuk membangun jalan-jalan yang mulus, membentuk sekolah-sekolah atau sekadar memperbaikinya, serta pembangunan sarana-sarana kesehatan berupa puskesmas-puskesmas buat ditingkat kecamatan dan kelurahan.
Bahkan berdasarkan Ali Sadikin, pembangunan harus dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan rohani masyarakat Jakarta, keliru satunya adalah pembangunan saran penunjang kebudayaan dan hiburan. Selain itu pemuda wajib jua dipikirkan dengan pembangunan fasilitas yg bisa bermanfaat bagi pemuda, diantaranya pelajar dan mahasiswa.
Untuk dapat mewujudkan itu seluruh, Ali Sadikin sadar bahwa uang yg diharapkan tidaklah sedikit, menggunakan hanya mengandalkan aturan wilayah yg sekarang tidaklah cukup. Kemudian Ali Sadikin mengambil kebijakan menggali asal pendapatan buat pembangunan kota Jakarta berdasarkan sektor perjudian. Ali Sadikin melegalkan perjudian karena output-hasil menurut pajak judi akan dimanfaatkan sebagai galat satu pendapatan wilayah. Hal itu beliau lakukan atas hasil pengamatannya bahwa berdasarkan pada membiarkan maraknya judi di Jakarta & tidak membuat apa-apa buat Jakarta, lebih baik perjudian dilegalkan & dikenakan pajak yang tinggi.
Selain buat meminimalisir defleksi yg dilakukan sejumlah orang buat melindung perjudian ini, lebih baik pemerintah daerah sendiri yg menaruh proteksi dengan bentuk legalisasi. Dengan demikian pemerintah menerima manfaat berupa aturan yg relatif akbar dari pajak perjudian ini, kurang lebih 40 miiliar rupiah dalam satu tahun.
Dalam mengambil kebijaknnya ini, Ali Sadikin tidak pernah meminta pengarahan dari atasannya, termasuk pada waktu memutuskan untuk melegalisasi perjudian di seluruh wilayah Jakarta, Ali Sadikin mengambil kebijakan sendiri (Prayitno, Harja & Timu, 2004). Menurut Ali Sadikin dalam Irawan dkk (2008), untuk menghindari penyimpangan terhadap kebijakan tersebut, Ali Sadikin melakukan beberapa hal, antara lain dengan membentuk tim pengawas yang mengawasi aspek sosial-politik dan retribusi yang diatur lewat SK Gubernur DKI Jakarta.
Agar kebijakan ini dapat berjalan, maka hal-hal lain yang dilakukan adalah transparansi menyangkut seluruh penerimaan daerah dari pajak judi yang dimasukkan dalam kelompok penerimaan khusus dalam APBD. Dalam hal ini, para anggota DPRD bisa mengontrol ke mana dana hasil perjudian itu dipergunakan untuk pembiayaan pembangunan yang meliputi bidang pendidikan, sosial mental dan kerohanian, serta infrastruktur.
Salah Satu Club di Kramat Tunggak. Foto: panyileuken)
Selain melegalisasikan perjudian. Salah satu kebijakan Ali Sadikin dalam mencari pemasukan yang besar untuk anggaran pemerintah daerah adalah dengan membangun Komplek Lokalisasi Kramat Tunggak. Kramat Tunggak ini terletak di jalan Kramat Jaya RW 019, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Kotamadya Jakarta Utara.
Areal tersebut tepatnya menempati lahan seluas 109.435 m2 Akhirnya tempat tersebut ditetapkan sebagai lokalisasi melalui SK Gubernur DKI Jakarta No. Ca.7/I/13/1970 tanggal 27 April 1970, tentang Pelaksanaan Usaha Lokalisasi/Relokasi Wanita Tuna Susila serta Pembidangan dan Tanggung Jawab, yang ditandatangani oleh Ali Sadikin. Sehingga tempat ini menjadi lokalisasi tempat prostitusi yang sebelumnya tersebar di beberapa tempat, seperti Bina Ria dan Volker, yaitu deretan rel kereta api di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Pada awal pembukaan, hanya terdapat 300 orang PSK dan 76 mucikari.
Sebelum mengambil kebijakan membangun Komplek Lokalisasi Kramat Tunggak. Sudah beberapa kali Ali Sadikin mengadakan peninjauan mendadak ke daerah-daerah “pasaran wanita”, ke daerah “pelacuran” yang paling ramai di sepanjang Kramat Raya dan Senen untuk mengumpulkan data yang benar. Pada waktu itu, pemberantasan pelacuran memang masalah yang sangat sulit. Pekerjaan itu sudah menjadi mata pencaharian mereka. Tapi Pemerintah Jakarta tidak dapat membenarkan atau mendiamkan perbuatan ini. Selain melokalisasi pelacuran di Kramat Tunggak, Ali Sadikin juga membuka tempat hiburan malam .
Ali Sadikin mengatakan upaya itu sebagai bagian dari melayani masyarakat, serta pencegahan menyebar luasnya penyakit HIV/Aids karena praktek pelacuran yang dilakukan diberbagai wilayah di Jakarta. Karena itu, Ali sadikin berani membuka judi, steambath, dan klub-klub, terutama untuk orang asing yang habis bekerja tidak langsung pulang, melainkan pergi ke klub untuk minum kopi setelah itu baru pulang. Pembukaan klub-klub itu dilakukan untuk melayani masyarakat kelompok ini.
Dalam usahanya ini. Ali Sadikin dapat memporeleh pundi-pundi uang untuk mengisi kas anggaran pemerintah Jakarta. Tercatat pendapatan kotor pemerintah Jakarta telah meningkat dengan pesat, dari Rp8,565 milyard pada tahun 1966 menjadi Rp555,8 miliar pada tahun 1973. Dengan kebijakan ini pula Ali Sadikin dapat meninggalkan kas bersih Jakarta sejumlah Rp89 miliar pada akhir masa jabatannya pada tahun 1977 yang pada tahun pertama menjabat 1966 hanya mempunya kas bersih sejumlah Rp66 juta.
Hasil Pembangunan
Hasil dari jerip payah pemerintahan Jakarta dibawah pimpinan Ali Sadikin dalam mengumpulkan uang yang nilainya cukup luar biasa dipergunakan untuk membangun infrastruktur dan pelayanan sosial masyarakat Jakarta.
Pendidikan
Dalam meninkatkan taraf hidup dan peradaban masyarakat kota. Pemeritah Jakarta mampu menciptakan keseimbangan penyediaan dan pelayanan kebutuhan sarana pendidikan baik untuk SD, SLP maupun SLA yang menjadi salah satu permasalahan yang ia sebut “semrawut” pada masa awal pemerintahannya. Ali Sadikin membangun lebih dari seribu gedung sekolah, serta memperbaiki seribu gedung sekolah lainnya yang telah ada dari jenjang SD sampai SLA, serta pembangunan sekolah-sekolah islam (madrasah) di wilayah-wilayah Jakata.
Salah satunya dilahan yang pernah menjadi komplek pemakaman arab di wilayah Tanah Abang. Ali Sadikin merelokasi pemakaman dan menjadikan lahannya untuk melebarkan pusat bisnis tanah abang, serta beberapa bagian untuk dibangun madrasah. Kemudian kebijakan dalam hal memajukan pendidikan di Jakarta adalah kebijakan beasiswa pendidikan kepada setiap anak yang lahir dan tinggal di Jakarta.
Kesehatan
Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, selain pembangunan puskesmas-puskemas di setiap kecamatan pada waktu itu. Pemerintah dihadapkan dengan beberapa permasalahan diantaranya meliputi kurangnya pasokan darah, kenakalan remaja seperti pecandu narkoba, adanya penyakit menular, serta masalah hygiene perusahaan dan pencemaran di Jakarta. Untuk mengatasi masalah kekurangan darah.
Ali Sadikin menempuh kebijakan antara lain dengan: mengukuhkan berdirinya Perhimpunan Donor Darah Jakarta dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan jumlah donor darah sesuai dengan SK gubernur KDKI Jakarta tanggal 12 Juni 1975 No. D.III-3567/a/8/1975 tentang pembentukan perkumpulan donor darah di Jakarta.
Untuk menanggulangi masalah korban narkotika, pemerintah DKI Jakarta mengambil langkah-langkah antara lain dengan melakukan pencegahan melalui bimbingan individual dan kelompok, khususnya bimbingan keluarga dan kelompok remaja melalui lembaga-lembaga atau organisasi-organisasi masyarakat yang telah ada. Selain itu, pemerintah mengadakan usaha rehabilitasi korban narkotika di RS. Fatmawati Cilandak. Pada tahun 1973, Ali Sadikin memprakarsai pendirian wisma “Pamardhi Siwi” sebagai sarana perawatan/rehabilitasi korban narkotika atau anak-anak nakal, baik dari hasil razia maupun titipan dari orang tua para korban narkotika.
Adapun kegiatan pemberantasan penyakit menular dilakukan dengan menurunkan tingkat penularan melalui rehydrations center dengan menambah jumlah rumah sakit yang akan merawat penderita. Disamping itu, pemerintah meningkatkan pendidikan dan penyuluhan kesehatan pada masyarakat serta peningkatan kesehatan lingkungan.
Untuk mengatasi masalah hygiene (kesehatan) perusahaan dan pencemaran di Jakarta, telah diadakan kerjasama dengan lembaga-lembaga riset nasional dengan mengumpulkan data-data perusahaan dan klasifikasinya, jumlah kendaraan yang mencemari udara serta pengambilan sampel-sampel air untuk dilakukan pengujian.
Masyarakat, Pemuda, Dan Budaya
Foto: Kompas
Selain infrastruktur dasar seperti sekolah, jalan raya, puskesmas, pusat-pusat bisnis dan perkantoran. Ali Sadikin selama pemerintahannya telah membangun berbagai fasilitas untuk rekreasi dan hiburan rohani masyarakat kota Jakarta, diantaranya :
Taman Ismail Marzuki
Planetarium Jakarta
Taman Impian Jaya Ancol
Kebun Binatang Ragunan
Taman Ria Monas
Taman Ria Remaja
Kota Satelit Pluit di Jakarta Utara
Pusat Pelestarian Budaya Betawi di kawasan Condet
Selain pembangunan rekreasi dan hiburan. Ali Sadikin membangun fasilitas yang diperuntukan untuk pemuda, pelajar, dan mahasiswa di Jakarta, antara lain : Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro di Jalan H.R Rasuna Said sebagai tempat perkumpulan para mahasiswa di Jakara, Gelanggang Remaja Bulungan, Gedung Perfilman Usmar Islamail di Kuningan sebagai tempat yang diproyeksikan sebagai Hollywoodnya Jakarta. Kemudian pembangunan Balai Rakyat yang tersedia di setiap kecamatan di Jakarta yang diperuntukan untuk hajatan, olahraga, dan macam kegiatan masyarakat.
Selain itu beliau juga menggagas pembangunan beberapa museum seperti Museum Fatahilla, Museum Tekstil, Museum Keramik, dan Museum Wayang. Beliau juga berperan penting dalam pengembalian fungsi gedung-gedung bersejarah, seperti Gedung Juang 1945 dan Gedung Sumpah Pemuda. Kemudian bersama Tien Soeharto menggagas pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) .
Ali Sadikin tak lupa akan budaya betawi sebagai ikon dari ibukota. Beliau mengangkat kembali budaya betawi seperti ondel-ondel, lenong, dan kerak telor secara luas ke dalam sebuah pesta rakyat yang ia selenggarakan setiap tahun dalam memperingati hari jadi kota Jakarta pada 21 Juni atau yang kini dikenal dengan Pekan Raya Jakarta (Jakarta Fair). Ali Sadikin juga mengadakan kompetisi Abang dan None Jakarta untuk mencari duta budaya Jakarta dalam mempromosikan, serta memberikan gambaran akan budaya betawi Jakarta
Kehidupan Bersama Keluarga Semasa Menjadi Gubernur
Sebelum berangkat dinas gubernur. Ali Sadikin membiasakan membaca setumpuk koran setelah sembahyang subuh atau setelah mandi. Tak kurang dari lima belas penerbit koran yang ia baca setiap hari. Selain membaca koran, Ali Sadikin menyempatkan membaca surat-surat yang tertuju kepadanya, baik yang langsung datang ke rumah, atau surat dari kantor dinasnya. Surat-surat tersebut berisi kritik, sanjungan, dan tak jarang berupa laporan dari masyarakat Jakarta.
Ali Sadikin, setiap istirahat siang selalu menyempatkan diri untuk makan siang di rumah bersama dengan Nani Sadikin dengan panggilan kesehariannya kepada istrinya, Nan. Dan lima orang putranya : Boy Bernanady, Eddy Trisnadi, Iwan Hernadi, Benyamin Irwansyah, Istrinya merupakan seorang dokter gigi, namun rutinitasnya berubah dan bisa dibilang sudah tidak dapat menjalankan profesinya sebagai dokter gigi. Karena kesibukan sebagai istri gubernur.
Ali Sadikin kerap kali bersikap keras kepada anaknya. Ia menegaskan kepada anak-anaknya bahwa gedung Balai Kota adalah kantornya. Dan hal ia tegaskan bahwa anak-anaknya tidak boleh datang atau keluyuran dikantornya, selain karna faktor yang bersifat mendesak.
Ali Sadikin kerap kali dikunjungi oleh mertuanya. Ali Sadikin merasa sejuk akan kedatangan mereka berdua, meskipun terkadang lelah selepas pulang dari kantor, kedatangan mereka yang justru menghilangkan keruwetan yang bertumpuk dikepalanya. Disamping itu Ali Sadikin mempunyai anjing pudel, namanya Skoti dan Viki, kemudian beliau mempunyai pula anjing herder bernama Berando.
Kritik Kebijakan Kontroversi dan Tanggapan Ali Sadikin
Pada saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ada beberapa kebijakan yang dinilai masyarakat secara luar sebagai sebuah kebijakan yang kontroversial, diantaranya adalah legalisasi perjudian dan pembangunan komplek lokalisasi prostitusi Kramat Tunggak. Hal tersebut dinilai aneh oleh sebagian masyarakat dan khususnya para pemuka agama yang mengecam kebijakan Ali Sadikin yang dinilai membangun Jakarta dengan uang yang haram.
Menanggapi hal tersebut, kepada wartawan Tempo, Setiyardi. Ali Sadikin memberikan respon atas kritikan yang ditujukan kepadanya atas kebijakan yang diambil semasa menjadi gubernur DKI Jakarta. Dimuat dalam harian Tempo, Demi Judi Aku Rela Masuk Neraka tertanggal 25 Juni 2005. Ali Sadikin menyatakan tak ambil pusing atas pernyataan para ulama yang mengecamnya tersebut. Ali Sadikin bahkan berkata kepada para ulama atau orang lain yang menyatakan tindakannya ini adalah hasil dari uang haram untuk naik helikopter dan tidak melintasi jalan di Jakarta, karena semua jalan di Jakarta menurutnya dibangun atas hasil uang haram tersebut.
Ali Sadikin menapikan kritik terhadapnya yang mengatasnamakan islam itu adalah sebuah kemunafikan. Jakarta butuh uang banyak untuk membangun infrastruktur kala itu. Bahkan ia bertanya apakah para ulama bisa menyediakan uang miliaran untuk pembangunan kota Jakarta? Dia berkata bahwa ia rela masuk neraka demi judi, asal kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Dia bersikap realistis bahwa pembangunan Jakata harus berjalan, banyak gedung-gedung sekolah, jalan, dan puskesmas yang harus dibangun. Ali Sadikin menyebut orang-orang yang mengkritiknya, yang ia sebut mengaku-ngaku islam tersebut membuatnya jengkel dan sok berlaga seperti malaikat, serta berpikir seperti abad ke 15.
Daftar Pustaka:
Buku :
K.H Ramadhan. 1995. Bang Ali Demi Jakarta 1966-1977. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan
____________. 1995. Pers Bertanya Bang Ali Menjawab. Jakarta : Pustaka Jaya
____________. 2012. Ali Sadikin; Membenahi Jakarta Menjadi Kota yang Manusiawi. Jakarta : Ufuk Press
E-Print Koran Tempo :
Setiyardi. Ali Sadikin : Demi Judi Saya Rela Masuk Neraka. Tempo No. 04/XXXIV/21 - 27 Maret 2005
Sumber Online :
Tokohindonesia.com. Paling Berjasa Membangun Jakarta.
Merdeka.com. Profil Ali Sadikin. Mei 2008
news.okezone.com. Kramat Tunggak, Lokalisasi Tersohor Se Asia Tenggara. 25 April 2012
Starfy lihat banyak Grafighters yang takut kehabisan tiket Grafity UI ya? Tak perlu cemas! Karena Sabtu, 22 Oktober 2016 Starfy akan mengudara ke 8 tempat yang ada di Jabodetabek!
Grafighters bisa banget nih mengunjungi Starfy dan segera dapatkan tiket Grafity UI pada tempat-tempat berikut mulai dari pukul 15.00 hingga 17.00 WIB