Cari cara mengatasi bibir kering?
Home » » Cari cara mengatasi bibir kering? Pakai pelembab bibir dari bahan alami ini, yuk
pengalaman Memutihkan Ketiak Dengan jeruk nipis
Tips 3 Menit Putihkan Ketiak dan Selangkangan
This is default featured slide 3 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.
This is default featured slide 4 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.
This is default featured slide 5 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.
Wednesday, May 12, 2021
Hari-Hari Suci Orang Yahudi
Tembok Ratapan. Foto: pixabay.com
Harian Sejarah -Dalam agama samawi ada hari-hari yang disucikan bagi umatnya. Hari-hari ini tersebut bernilai sacral karena berhubungan langsung dengan pencipta. Salah satu tema pembahasan kali ini adalah hari-hari suci agama orang Yahudi, yaitu Judaisme, salah satu rumpun agama samawi.
Tema-tema dari pengampunan dan pertobatan merefleksikan di hari-hari penting orang Yahudi, Rosh Hashanah (hari tahun baru Yahudi) dan Yom Kippur (hari penebusan dosa) ini merupakan hari-hari suci diperingati di September atau Oktober tergantung penanggalan Yahudi.
Sinagoga terisi penuh dengan banyaknya gelombang pengunjung bagi orang-orang yang sebelumnya tidak bisa hadir di sepanjang tahun. Rosh Hashaana diikuti 10 hari kemudian oleh berdoa dan puasa yang disebut Yom Kippur untuk Yahudi keseluruhan periode ini adalah waktu Genting dimana Tuhan tidak hanya memutuskan nasib mereka tetapi juga menunjukkan belas kasih kepada mereka yang ingin memperbaiki Jalan mereka.
1. Rosh Hashanah
Festival ini ditandai dengan pembuatan dunia oleh Tuhan, ini juga terlihat sebagai waktu penghakiman ketika Tuhan menyeimbangkan Perbuatan baik terhadap perbuatan buruk dan memutuskan akan ditaruh kemana mereka di tahun selanjutnya.
Penilaian dicatat pada satu dari 3 buku, satu buat kebaikan, satu buat kejahatan, dan satu buat rata-homogen seseorang. Selama 10 hari lalu dikatakan menjadi hari perenungan orang-orang diberikan kesempatan buat bertobat lantaran hari penghakiman Allah tertutup dalam hari Yom Kippur.
Ciri spesial menurut Rosh Hashanah itu sendiri terdiri dari
a. Shofar
Selama Rosh Hashanah, sinagoga melayani lebih lama dan lebih khusyuk dari biasanya dan termasuk pengakuan dan pertobatan. Sebuah ritual penting di lambangkan dengan kesempatan menyuarakan Shofar, sering dibuat dari tanduk biri-biri jantan yang dikorbankan oleh Ibrahim. Suara dari Shofar juga dimaksudkan untuk panggilan membangunkan, menginspirasi orang-orang memikirkan tahun yang berakhir dan memutuskan menuju hidup lebih baik di tahun depan.b. Kebiasan Tahun Baru
Pada komunitas sama orang-orang mengirim kartu tahun baru. Tidak seperti tahun baru sekuler, saat ini bagi Yahudi buat meminta maaf kepada Tuhan dan mereka yg sudah disakiti, dizalimi dan lainnya.
C. Tahun Baru Manis
Pada malam festival umumnya memakan bagian dari apel yang dicelup madu, menggunakan asa bahwa tahun baru akan anggun orang-orang pula memakan butir asing yg belum mereka makan untuk beberapa waktu atau memakai baju baru
dua. Yom Kippur
Hari tersuci menurut kalender Yahudi merupakan Yom Kippur, selain berdasarkan mereka yg sakit dan mengkonsumsi obat-obatan, setiap orang usia Bar atau Bat Mitzvah berpuasa buat 25 jam, & Hampir seluruh orang menghabiskan waktu holistik hari buat berdoa di sinagog buat menebus kesalahan dengan pencipta mereka. Kebaktian Yom kippur berakhir menggunakan tiupan sekali menurut Shofar, dan setiap orang kembali ke rumah rasa perasaan sudah dibersihkan & memiliki tujuan baru
Ciri khas yang menonjol dari Yom Kippur adalah kebiasaan ber-Tzedakah atau beramal. Doa paling tinggi hari suci disebutkan bahwa mereka yang sungguh bertaubat, berdoa. dan memberikan amal akan dijamin memiliki tahun yang baik. Meskipun tidak ada uang ditangani pada Yom Kippur sendiri, di banyak sinagog Rabbi akan membuat orang-orang terdorong untuk memberikan uangnya ke lembaga amal tertentu.
Apiku Bukan Api Biasa
Pulanglah, sebelum malam melolong mencari bayanganmu
Kalau mau, beristirahatlah pada pondok sepi yg selalu mengayomi kegaliban hari
Atau berjalanlah menggunakan langkah tertunduk, serta jagalah api buatanku
agar tak ditiup angin iseng bikinan semesta
Lantaran apiku bukanlah api biasa, apiku mampu menyalakan apimu yg hampir tewas disana
apabila terlampau gelap, senggolah lentera yang tertidur menggunakan apiku
Tak apa bila apiku mengecil, berasal sekelilingmu tak menakutkan lagi
Ngomong-ngomong sudahkah kau hingga ke rumahmu yang sepi ?
Kalau telah, lambaikanlah tanganmu ke luar ventilasi,
abaikan menyelinap ke rumahku memberi isyarat pengejawantahan kalbu
Hari tak kunjung fajar, sepertinya mentari malas & tidur pada setengah hari ini
Berteriaklah, bangunkan hari ini dengan apiku
Sundutlah lazuardi di sana,
biarkan asapnya menyesakkan surya yang kerjanya tidur saja
Benar saja, apiku menciptakan surya kelabakan & bersinar dalam ilalang yg merindu siang
Sudah berbulan-bulan apiku menyertai engkau
Menyemai apimu yang sekarat, sebagai kawula napasmu
Ataukah apiku telah bersatu menggunakan apimu?
Kulihat apiku bukanlah apiku,
lantaran apiku sudah dimakan apimu
Politik Etis 1899-1901 dan Pelaksanaanya
Pada rentan tahun 1899-1901 di Negeri Belanda terdapat isu yang berkembang di parlemen Belanda, pada saat itu parlemen dikuasai oleh golongan Humanis. Isu ini membahas mengenai evaluasi kebijakan Pintu Terbuka (open door policy) yang dilakukan di Hindia Belanda. Parlemen mengkritisi mengenasi kebijakan Pemerintah Hindia Belanda diseberang lautan yang dinilai menyengsarakan rakyat koloni dan tidak sejalan dengan tujuan kebijakan perkebunan swasta yang diterapkan sejak tahun 1800.
(Foto/Geheugen van Nederland) |
Kritik ini berdasarkan hasil dari laporan Mindere Welvert Commisie (Komisi Kesejahteraan Koloni) bahwa kondisi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat koloni Hindia Belanda mengalami sesuatu hal yang memprihatinkan. Kebijakan Pintu Terbuka dinilai hanya memberikan kesejahteraan kepada pemilik modal swasta Eropa dan Timur Asing yang memiliki modal besar, sedangkan pengusaha pribumi hanya duduk pada sektor usaha kecil dan menjadi buruh upah rendah.
Ide ‘Politik Etis‘ kemudian muncul dari tulisan Van de Venter yang berjudul “Een Ereschuld”, hutang budi atau hutang kehormatan. Van de Venter dalam artikelnya tersebut menyarankan agar cukup bagi kerajaan mengesksploitasi kolini secara besar-besaran dalam kurun waktu 100 tahun ini dan memberikan balas budi dengan memperhatikan kesejahteraan masyarakat koloni.
Gagasan Van de Venter ini kemudian diangkat oleh Parlemen Belanda yang pada akhirnya disetujui oleh Ratu Wilhelmina I pada tahun 1901. Gagasan van Deventer kemudian dikonsepkan menjadi Trias Van de Venter atau Trias Etika (Etiesche Politiche)
Konsep Politik Etis
Pada waktu Politik Etis diterapkan. Di Hindia Belanda masih ada stratifikasi warga ke pada tiga golongan : Eropa, Timur Asing (Cina, Jepang, Arab, India), dan Bumiputera. Bumiputera sendiri terbagi lagi sebagai 2 golongan, yaitu Priyayi dan Rakyat Jelata. Politik Etis meliputi tiga kebijakan yaitu edukasi, irigasi, dan transmigrasi.
Pendidikan dalam penerapan politik etis di Hindia Belanda hanya dapat dinikmati oleh golongan Priyayi, mereka Priyayi merupakan golongan bangsawan dan bupati-bupati yang bekerja kepada pemerintah. Dan tidak semua golongan Priyayi merasakan pendidikan karena biaya pendidikan yang dinilai cukup mahal. Menurut Dr. Muhammad Iskandar, sejarawan Universitas Indonesia, “ Biaya yang harus ditanggung untuk bisa masuk ke sekolah belanda waktu itu sekitar 300 gulden per tahun, sedangkan bupati saja bisanya gajinya hanya 100-150 gulden per tahun.” Hal inilah yang menyebabkan pendidikan yang diterapkan Politik Etis tidak dapat rasakan oleh seluruh golongan masyarakat Bumiputera.
Irigasi yg adalah konsep berdasarkan Politik Etis yg pembangunan sistem perairan untuk mengairi perkebunan & pertanian rakyat. Namun pada perkembangannya irigasi ini akan dialihkan buat pengairan perkebunan partikelir yg berskala besar misalnya di Jawa dan Sumatera.
Untuk mengatasi lonjakan pertambahan penduduk di Pulau Jawa. Politik Etis yg meliputi Transmigrasi dilakukan buat mengatasi lonjakan penduduk ini buat dipindahkan ke Sumatera. Masyarakat yang dipindahkan diperlukan bisa bekerja diperkebunan diluar Jawa. Belakangan pemindahan penduduk dimanfaatkan sang pengusaha untuk mendapatkan energi kasar yang murah. Sehingga warga nir menerima perubahan walau telah dipindahkan ke tempat lain.
Akibat Politik Etis
STOVIA student 1920-1933 (Collectie Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen) |
Masyarakat Hindia Belanda khusunya kalangan Bumiputera pada umumnya tidak terlalu mendapatkan dampak yg akbar atas pemberlakuan politik etis. Politik Etis poly dirasakan sang mereka yg hayati di perkotaan ketimbang pada desa. Masyarakat kota yg hidupnya sudah terbaru dan mengalami akulturasi dengan budaya barat.
Masyarakat kota umumnya berpakaian dan mengikuti kehidupan barat misalnya keluar dalam malam hari buat menonton bioskop, pasar malam, dan tempat hiburan, hal yang berbeda jika melihat masyarakat desa yg masih memegang norma bahwa nir boleh keluar selepas magrib. Di kota kehidupan misalnya ini memunculkan Bumiputera yg tergolongkan ke dalam Elite Kota.
Edukasi yg berkembang diperkotaan memunculkan golongan terpelajar dikalangan Bumiputera. Golongan ini terbagi atas golongan Cendikiawan & golongan Fungsional.
Golongan Cendikiawan adalah mereka yang bersekolah pada sekolah-sekolah generik yang mengajarkan pendidikan sosial. Sekolah tersebut antara lain HIS,STOVIA, ELS, MULO, HMS. Golongan cendikiawan ini umumnya mempunyai pemikiran yg bebas dan berkarir secara independen, golongan inilah yang mempunyai impian kemerdekaan & melakukan konvoi nasional.
Golongan Fungsional adalah mereka yang bersekolah di sekolah-sekolah pemerintah yang dikhususkan untuk menghasilkan tenaga administrasi pemerintahan atau pangrek praja (seperti sekolah kedinasan : IPDN) seperti OSVIA dan MOSVIA. Pelajar pada sekolah ini umumnya berkarier dipemerintahan Hindia Belanda, mereka pada umunya selepas lulus akan bekerja kepada Pemerintah Kolonial.
Tuesday, May 11, 2021
Rangkaian Kudeta Militer di Turki 1952-2016
Republik Turki sebagaimana yang kita tahu muncul dibalik kilas berakhirnya Perang Dunia I. Republik Turki timbul menjadi Turki Modern menggantikan sistem monarki Kesultanan Turki Utsmani yg berlangsung selama 624 tahun sebelum akhirnya runtuh pada 1 November 1922. Republik Turki timbul menjadi negara terbaru.
Tidak terdapat perubahan pada Bendera Republik Turki menggunakan Bendera Kesultanan Turki, akan namun sistem pemerintahannya berubah 180? Dari sistem monarki absolut sebagai negara demokrasi sekuler. Republik Turki timbul beserta menggunakan negara-negara terkini lainnya yg semula merupakan kerajaan-kerajaan di Eropa seperti Hongaria & Serbia.
Sepanjang perjalanan Republik Turki yang belum genap 100 tahun. Beberapa kali terjadi upaya perebutan kekuasaan yang dilakukan oleh kalangan militer terhadap kebijakan penguasa atau menggulingkan pemerintahan yang sah. Dan miiliter pula yg menggulingkan kekuasaan Kesultanan Turki Utsmani.
Berikut ini beberapa perebutan kekuasaan yg pernah terjadi semenjak Republik Turki berdiri:
1. Kudeta 1952
Mustafa Kemal Atatürk presiden pertama Republik Turki mengambil sebuah kebijakan netralitas dalam hal kebijakan pakta pertahanan. Mustafa Kemal mengambil mengambil sikap untuk tidak bergabung dengan North Atlantic Treaty Organization (NATO) atau Pakta Pertahanan Antlantik Utara. Namun militer mengammbil sikap yang berlawanan. Militer secara pihak tanpa melihat pertimbangan presiden mengambil kebijakan untuk bergabung dengan NATO. Ini merupakan pertama kali sejak berdirinya Republik Turki militer melawan kebijakan presiden.
2. Kudeta 1960
Perdana Menteri Adnan Menderes ingin menaruh sebuah konsesi pada penganut agama Islam buat menjalankan ibadahnya. Adnan Menderes mengambil kebijakan buat membuka kembali masjid-masjid & menaruh izin memakai pengeras bunyi buat adzan.
Kalangan sekuler yg masih mempunyai kekuatan yg kuat memberikan tekanan politik pada Perdana Menteri Menderes. Akibat ini Menderes menerapkan jam malam buat melakukan tindakan represif terhadap versus-lawan politiknya.
Rakyat yg tidak setuju dengan kebijakan Menderes dan mendesaknya buat mundur. Pada 27 Mei 1960 tentara menggulingkan PM Menderes atas friksi warga , Menderes kemudian dieksekusi mati. Masa transisi ini kemudian sementara Jenderal Cemal Gursel memimpin kekuasaan sampai 1965. Sebagai Presiden Turki pertama yang dipilih secara demokrasi, Menderes dinilai melakukan serangkaian pelanggaran HAM & berusaha mengembalikan syariat Islam pada Turki.
Tiga. Kudeta Turki 1971
Resesi ekonomi yang melanda Turki dalam tahun 1971 membuat Rakyat Turki marah. Rakyat menilai PM Suleyman Demirel gagal mengatasi lonjakan harga bahan pangan & inflasi. Lapangan pekerjaan yang diinginkan rakyat pun tidak bisa terpenuhi.
Resese ini nir dapat ditangani lantaran Turki sibuk oleh konfrontasi sayap kanan dan kiri di Turki. Akibat ini Turki terseret kedalam arus perang dingin.
(Foto/Burhan Ozbilici- Merdeka.com) |
Kudeta ini dipimpinan sang Jenderal Kenan Evren. Suleyman pun lengser & kemudian digantikan sang Nihat Erim yang diangkat menjadi PM baru menurut Partai Republikan.
4. Kudeta Turki 1980
Panggung politik Turki sangat nir kondusif hingga tahun 1980. Negara ini telah mengganti 11 perdana menteri semenjak pembentukannya.
Elite partai saling bertarung untuk merebut hegemoni di pemerintahan. Permasalahan memuncak pada tahun 1980. Militer balik melakukan kudeta menggunakan dalih bahwa elite politik tidak menaruh donasi positif.
Laksamana Bulend Ulusu merogoh hegemoni pemerintahan hingga 1983 sebelum kekuasaan beralih pada Jenderal Evren, tokoh dibalik kudeta 1971.
Kudeta yang berlangsung pada 1980 membuat perekonomian Turki collapse. Jenderal Evren dalam menjalankan kekuasaanya banyak melakukan tindak penculikan dan penyiksaan terhadap oposisi. Hal ini berlangsung hingga Jenderal Evren turun pada 1989.
Kudeta Turki 1997
Perdana Menteri Necmettin Erbakan dipaksa mundur dalam 1988. Kudeta ini dilatarbelakangi ketidaknyamanan Militer lantaran Partai Islam Sejahtera menjadi pemenang pemilu 1995 tidak mampu membentuk koalisi permanen pada parlemen.
Pada kudeta ini tentara tidak dikerahkan sama sekali. Pemerintah dipaksa mundur lantaran tidak memenuhi keinginan tentara yg diwakilkan sang petinggi militer yg sebelumnya mendatangi pemerintah buat tetapkan embargo berhijab, membatasi sekolah Islam, dan melaksanakan serangkaian kebijakan sekuler lainnya.
Karena tidak sanggup melaksanakan tuntutan tadi, Erbakan mundur pada 1998 tanpa adanya pengerahan tentara & dilarang untuk berpolitik selama lima tahun.
Kudeta Turki 2012
Erdogan yg pada saat kudeta 1997 sebagai anggota menurut Partai Islam Sejahtera kemudian mendirikan Partai Keadilan & Pembangunan (AKP) beberapa tahun pasca pembubaran Partai Islam Sejahtera.
Erdogan akhirnya sanggup naik menjadi Perdana Menteri. Pada 2012 Erdogan memenjarakan sekitar 300 perwira militer dengan tuduhan upaya melakukan perebutan kekuasaan. Erdogan menganggap Angkatan Bersenjata menyiapkan rencana buat menggulingkannya berdasarkan kursi Perdana Menteri. Erdogan merupakan Perdana Menteri pertama yg berhasil mengantisipasi kudeta militer.
Kudeta Turki 2016
Fethullah G?Len (Foto/onfaith.Co) |
Kali ini perebutan kekuasaan dilangsungkan ketika Erdogan menjadi Presiden Turki. Erdogan menjamin dirinya berhasil menggagalkan perebutan kekuasaan militer yang dilakukan oleh tentara yg kontra kekuasaanya.
Kudeta ini dipercaya berhasil diredam karena warga turun & tentara pro pemerintahan turun ke jalan buat mencegah eksklusif kudeta.
Erdogan menuduh Fethullah G?Len, ulama tersohor di Turki menjadi dalang dari upaya Kudeta. Fethullah G?Len sendiri berada pada Amerika Serikat pada ketika kejadian.
Erdogan kemudian menyingkirkan seluruh imbas Fethullah G?Len di Turki & mengirimkan pesan pada negara-negara yg mempunyai interaksi kolaborasi menggunakan Fethullah G?Len buat mengakhirinya.
Pada perebutan kekuasaan ini sedikitnya 60 orang meninggal & sebesar 336 orang ditahan terkait upaya perebutan kekuasaan.
Referensi :
- Tribunnews. 2016. Ini sejarah kudeta di Turki
- Merdeka.2016. Sejarah kudeta militer turki sudah terjadi 5 kali sejah 1960
- Dw. 2005. Kudeta militer turki 1952-1997
- Voa Indonesia. 2016. Kronologi kudeta militer di turki 2016
- Riau Online. 2016. Kudeta militer turki bukan kali pertama
- Tempo. 2013. Kudeta militer turki seret jenderal ke pengadilan
- Tempo. 2016. Soal kudeta turki ini respon nato dan as
- Kompas. 2016. Sejak 1960 militer turki kerap menggelar kudeta
- BBC. 2016. Upaya kudeta gagal, Presiden Erdogan bersihkan tubuh militer